Virus Corona

Belum Ada Aktivitas Penerbangan Internasional di Bandara Ngurah Rai Bali

Tidak ada aktivitas penerbangan internasional dari kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Editor: Dewi Agustina
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Sejumlah penumpang wisatawan mancanegara asal Jepang tiba di terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (3/2/2022) sore. 

TRIBUNNEWS.COM, MANGUPURA - Pintu penerbangan internasional di Bali kembali dibuka bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) non-PMI (Pekerja Migran Indonesia), Jumat (4/2/2022) kemarin.

Namun tidak ada aktivitas penerbangan internasional dari kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Ada tiga penerbangan komersial internasional terjadwal ke Bali dalam waktu dekat.

"Sesuai dengan informasi yang kami dapatkan memang ada tiga maskapai sudah melakukan permohonan kepada kami reguler flight penerbangan internasional," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Jumat (4/2/2022).

Tiga maskapai penerbangan yang telah mengajukan permohonan melakukan penerbangan internasional ke Bali dan sebaliknya, yakni Garuda Indonesia, Singapore Airlines dan Batik Air.

Garuda Indonesia mengajukan penerbangan internasional dari Bandara Internasional Haneda Tokyo ke Bali, namun kapan jadwalnya masih belum ada informasi lebih lanjut.

"Kami sudah menerima penerbangan internasional pertama atau perdana yaitu Garuda Indonesia Narita-Denpasar, selanjutnya ada permohonan kembali dari Garuda Indonesia rute Haneda-Denpasar. Tetapi sampai dengan saat ini, kami belum ada jadwal pasti kapannya," imbuh Taufan.

Suasana menuju pintu masuk terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (2/1/2022) sore.
Suasana menuju pintu masuk terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (2/1/2022) sore. (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Maskapai kedua yakni Singapore Airlines akan kembali mengoperasikan rute Singapura-Denpasar-Singapura secara daily flight atau setiap hari mulai 16 Februari 2022 mendatang.

Selanjutnya Batik Air dengan rute yang sama yakni Singapura-Denpasar-Singapura.

Taufan Yudhistira mengimbau kepada maskapai agar menginformasikan ke calon penumpang agar benar-benar menyiapkan semua dokumen sebelum melakukan perjalanan ke Bali.

Pemerintah telah mengizinkan wisatawan asing datang ke Indonesia melalui dua pintu masuk yaitu Bali dan Kepulauan Riau.

Turis Asing dengan Visa Kunjungan Wisata B211A yang datang ke Bali dan Kepri diperbolehkan mengunjungi daerah lain dan pulang ke negaranya dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di daerah tersebut.

"Orang asing yang datang dengan visa wisata, keluarnya tidak harus melalui Bali, bisa melalui daerah lain, contohnya mau sekalian mampir ke Labuan Bajo," ujar Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi, Amran Aris dalam pada kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi E-Visa Kunjungan Wisata di Bali, kemarin.

Baca juga: Luhut Ungkap Alasan Pemerintah Membuka Pintu Penerbangan Internasional di Bali

Nilai Asuransi Jadi Hambatan

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved