Harga Minyak Goreng

1,1 Juta Kg Minyak Goreng Ditimbun di Deli Serdang, KPPU Bilang Belum Tentu Kartel

KPPU belum dapat menyebut penimbunan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram (Kg) di Deli Serdang sebagai bagian dalam praktik kartel.

Editor: Sanusi
Tribun Medan
Gudang produsen minyak goreng di Deliserdang yang ditemukan menumpuk 1,1 juta kilogram minyak goreng yang siap dipasarkan. Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara menemukan tumpukan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram di dalam gudang yang merupakan milik dari satu produsen di daerah Deliserdang pada Jumat (18/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI belum dapat menyebut penimbunan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram (Kg) di Deli Serdang, Sumatera Utara, sebagai bagian dalam praktik kartel.

"Terkait kejadian di Sumut, belum semerta-merta dapat dikatakan itu kartel. Perlu didalami lagi, apakah itu bagian dari kesepakatan dengan pelaku usaha lain atau dilakukan sendiri," kata kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama KPPU Deswin Nur saat dihubungi, Sabtu (19/2/2022).

Baca juga: Usai Panggil 10 Produsen, KPPU Minta Keterangan Ritel soal Dugaan Kartel Minyak Goreng

Menurutnya, KPPU pastinya akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait dalam menyikapi persoalan penimbunan minyak goreng di Deli Serdang.

"Perlu juga didalami apakah itu penimbunan atau pidana. Koordinasi antar KPPU dengan penegak hukum lain perlu dikedepankan untuk persoalan tersebut," ucap Dewsin.

Sebelumnya, Satgas Pangan Provinsi Sumatera Utara menemukan timbunan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram di dalam gudang.

Gudang tersebut milik dari satu produsen di daerah Deli Serdang pada Jumat (18/2/2022).

Baca juga: Timbun 1,1 Juta Kg Minyak Goreng, Produsen Takut Rugi Karena Pemerintah Tetapkan HET

Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara, Naslindo Sirait mengatakan pihaknya memang sudah melakukan penelusuran terkait kelangkaan minyak goreng di Sumatera Utara sejak satu minggu yang lalu.

"Memang benar tadi pagi kita menemukan tumpukan minyak goreng di salah satu gudang di Deliserdang. Itu ada 1,1 juta kilogram yang siap dipasarkan namun ditumpuk dalam gudang," ujar Naslindo kepada tribun-medan.com, Jumat (18/2/2022).

Naslindo mengaku sepanjang penelusuran yang dilakukan di lapangan, distribusi minyak goreng memang kerap kosong baik di pasar-pasar maupun ritel.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved