Cek Kesiapan Jelang Lebaran, Kepala Badan Pangan Nasional Sambangi Asosiasi Pangan

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi meninjau persiapan ketersediaan pangan menjelang Hari Raya Lebaran 2022

Penulis: Erik S
Editor: Choirul Arifin
Tribunnews/Irwan Rismawan
Pekerja menata karung berisi beras di Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (18/3/2021). Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi meninjau persiapan ketersediaan pangan menjelang Hari Raya Lebaran 2022 dengan mengunjungi beberapa asosiasi dunia usaha yang bergerak di bidang pangan. 

“Kemarin saya seharian dari Jogja, bertemu Asosiasi Petani Tebu Rakyat, kemudian dengan peternak nasional, kemudian sama pengusaha penggiling padi. Jadi artinya sekarang saya mau lihat dalam waktu dekat adalah persiapan lebaran,” kata Arief di Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Arief mengatakan saat ini [ihaknya masih melakukan konsolidasi terkait organisasi lembaganya mengingat Badan Pangan Nasional merupakan transformasi dari Badan Ketahanan Pangan miliki Kementerian Pertanian.

Baca juga: Pemuda Tani Indonesia: Badan Pangan Nasional Harus Dapat Sejahterakan Petani

“Usai dilantik sekarang melakukan konsolidasi. Artinya, saya mesti melihat semua organisasi saat ini, ex Badan Ketahanan Pangan. Kemudian, transfernya akan seperti apa setelah jadi Badan Pangan Nasional,” ujarnya.

Baca juga: Holding BUMN Pangan Distribusikan 13 Ribu Pouch Minyak Goreng Kemasan ke Papua

Sebelumnya, Arief Prasetyo Adi resmi dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/2) lalu.

Pelantikan tersebut berdasaran Keputusan Presiden RI Nomor 7M Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Kepala Badan Pangan Nasional. 

Baca juga: Satgas Pangan Polri Temukan Dugaan Pelanggaran Distribusi Minyak Goreng di 4 Provinsi Ini Rinciannya

Lembaga ini nantinya akan menyelenggarakan tugas dan fungsi pemerintahan dalam mengelola 9 (sembilan) bahan pangan antara lain beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas, dan cabai.

Arief juga tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sejak 16 November 2020. Sebagai pengusaha, ia juga aktif berkarir sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta 2019-2024.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved