Jokowi Kagum, Talenta Digital Lokal di Induk Perusahaan Shopee Beri Solusi Teknologi Bagi UMKM

Presiden Jokowi berharap kehadiran Sea Labs Indonesia dapat mengembangkan talenta muda digital dengan berbagai kesempatan untuk berkarya

Editor: Sanusi
Dok. Sea Labs Indonesia
Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan talenta teknologi Indonesia yang berkarier di perusahaan teknologi global, Sea Group, induk perusahaan Shopee 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko bersama Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Widodo meresmikan Sea Labs Indonesia di Gedung Pacific Century Place, Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Presiden Jokowi berharap kehadiran Sea Labs Indonesia dapat mengembangkan talenta muda digital dengan berbagai kesempatan untuk berkarya dan belajar di Sea Group, sebuah perusahaan teknologi global, dan merupakan induk perusahaan Shopee.

Baca juga: Sea Labs Bakal Rekrtut 1.000 Talenta Digital di Indonesia

Pada acara peresmian tersebut, Presiden Jokowi menyempatkan diri berbincang dengan dua pelaku UMKM. Mereka adalah Dendi Sepsaditri, Founder dan CEO Akang Group, dan Yoppy Setiadi, Pemilik LEAF Official.

Melalui sambutannya, ia berharap semakin banyak UMKM lokal yang berkembang dengan memanfaatkan teknologi yang diciptakan talenta muda digital.

Baca juga: Jokowi Resmikan Sea Labs Indonesia, 1.000 Talenta Digital Bakal Direkrut

“Kita harapkan bahwa perkembangan ekonomi digital ini bisa juga memicu perkembangan produk-produk UMKM yang seperti tadi saya lihat, dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yang merata dan berkeadilan,” ujar Jokowi.

Dibalik Shopee dan ShopeeFood, Akang Group dan LEAF memanfaatkan teknologi yang dikontribusikan dari talenta muda digital lokal. Mereka adalah Edwin Candinegara yang bekerja sebagai Engineering Manager and Tech Lead di Singapura, dan Adhyan Arizki, Head of Engineering Growth Shopee.

Keahlian mereka sudah terasah dalam membantu teknologi global untuk mengembangkan industri teknologi Indonesia.

Kehadiran Sea Lab Indonesia diharapkan mampu mewadahi 1.000 talenta digital agar mempunyai kesempatan untuk berkarya di perusahaan teknologi dan belajar langsung dari ahlinya.

Sehingga industri teknologi Indonesia mempunyai SDM yang dapat bersaing secara global dan bisa mengantarkan industri teknologi ke kancah internasional.

“Tapi yang saya tidak ingin adalah Indonesia hanya menjadi pasar saja. Indonesia juga harus menjadi pemain. Oleh sebab itu, ekosistem yang kondusif harus kita bangun bersama-sama.” jelas Jokowi.

Usaha yang dilakukan Sea Labs sejalan dengan upaya pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pemeran di industri teknolgi global.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa upaya ekonomi digital Indonesia di tahun 2030 akan naik sebesar 8 kali yaitu mencapai Rp 4.531 T.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Sea dan Sea Labs Indonesia yang akan mengundang 1.000 orang (talenta digital Indonesia) untuk kembali berkarya di Indonesia” tutup Jokowi.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved