Hingga 2021 Terdapat 64 Juta UMKM di Indonesia, Tapi Baru 19 Juta Masuk Ranah Digital

CEO dari ESB Restaurant Technology Gunawan Woen mengatakan, berdasarkan data pada 2021, terdapat sekitar 64 juta pelaku UMKM di Indonesia

Shutterstock
Ilustrasi UMKM - Hingga 2021 Terdapat 64 Juta UMKM di Indonesia, Tapi Baru 19 Juta Masuk Ranah Digital 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Esensi Solusi Buana (ESB) mendorong digitalisasi para pelaku UMKM, khusus di sektor kuliner agar usahanya mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan. 

Dorongan tersebut dilakukan ESB melalui edukasi teknologi ke pelaku UMKM selama acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 (DNES 2022).

CEO dari ESB Restaurant Technology Gunawan Woen mengatakan, berdasarkan data pada 2021, terdapat sekitar 64 juta pelaku UMKM di Indonesia tetapi hanya sekitar 19 juta yang telah memasuki ranah digital.

Baca juga: UMKM Perlu Memiliki Teknologi Otomatisasi Pemasaran Digital Berfitur Kecerdasan Buatan

"Melalui ekosistem teknologi yang kamj miliki, kami siap mendukung pertumbuhan literasi digital untuk para pelaku UMKM," ucap Gunawan, Senin (4/4/2022).

Gunawan menyebut, penerapan ekosistem teknologi di UMKM, dapat membuat roda usahanya menjadi efisien hingga meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga memungkinkan UMKM untuk tumbuh dan semakin meluas. 

Pada salah satu kesempatan di DNES 2022, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) juga memaparkan tentang Kadin Tech Hub, hub yang mempertemukan para pengusaha, khususnya UMKM, dengan problem solver mereka.

Tidak hanya itu, Kadin Tech Hub juga mendorong perusahaan rintisan untuk masuk bursa IPO agar dapat terus bertumbuh, dan memperkokoh posisi Indonesia sebagai hub ekonomi digital di Asia Tenggara.

ESB mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh Kadin dan menyampaikan bahwa ESB juga masih terus berkontribusi pada realisasi investasi sektor F&B di Indonesia.

“Kami yakin hadirnya teknologi dari ESB akan turut mendongkrak ekonomi para pelaku UMKM sektor kuliner,” ucap Gunawan.

Baca juga: Xpora jadi Role Model Berdayakan UMKM Orientasi Ekspor

Hingga kuartal I 2022, lebih dari 4 ribu merchant telah bergabung dengan ESB dan total transaksi sebesar lebih dari Rp 5 triliun. 

Para mitra ini tidak hanya berasal dari Jabodetabek, namun juga dari sejumlah kota besar lainnya seperti Semarang, Yogyakarta, Bali dan Solo.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved