Geser Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Punya Harta Rp 3.000 T

Bos kendaraan listrik Tesla, Elon Musk menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya nomor satu di dunia berdasarkan Forbes.

Editor: Sanusi
Brendan Smialowski / AFP
Bos kendaraan listrik Tesla, Elon Musk menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya nomor satu di dunia berdasarkan Forbes. 

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Bos kendaraan listrik Tesla, Elon Musk menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya nomor satu di dunia berdasarkan Forbes.

Elon Musk menduduki peringkat pertama untuk pertama kalinya, dengan perkiraan jumlah kekayaan bersihnya mencapai 219 miliar dollar AS yang setara dengan Rp 3.144 trilun (kurs Rp 14.359 per dollar AS).

Secara keseluruhan, di tahun ini total kekayaan bersih para miliarder di dunia mengalami penurunan menjadi 12,7 triliun dollar AS menjadi 13,1 triliun dollar AS. Hal ini juga berbanding lurus dengan jumlah miliarder yang turun menjadi 2.668 orang, dari tahun lalu 2.755 orang.

Baca juga: CEO Tesla Elon Musk Beli Saham Twitter, Harga Dogecoin Ikut Melonjak

Forbes mencatat sebanyak 329 orang mengalami penurunan nilai harta mereka tahun ini, dan menjadi yang terbanyak semenjak krisis keuangan tahun 2009 lampau. Forbes juga mencatat dari 2.668 miliarder tersebut, terdapat 236 pendatang baru, atau lebih sedikit daripada jumlah tahun lalu sebesar 493 orang.

“Pasar saham yang bergejolak dan berkontribusi pada penurunan tajam pada kekayaan banyak negara di dunia. Tetap saja, lebih dari 1.000 miliarder menjadi lebih kaya selama setahun terakhir. 20 orang terkaya saja memiliki nilai gabungan 2 triliun dollar AS, naik dari 1,8 triliun dollar AS pada tahun 2021,” kata Kerry A. Dolan, Asisten Redaktur Pelaksana Wealth, Forbes.

Baca juga: Tesla Model 3 Versi Mobil Polisi Mendebut di Taiwan

Untuk lebih rincinya, posisi ke dua orang terkaya di dunia ditempati oleh bos Amazon Jeff Bezos dengan total kekayaan bersih 184,5 miliar dollar AS, atau turun 2,7 persen sebesar 5,3 miliar dollar AS.

Posisi ketiga ada Bernard Arnault pemilik LVMH dengan total kekayaan besih 168,5 miliar dollar AS turun 3,6 persen atau 6,4 miliar dollar AS. Dilanjutkan oleh, Bill Gates sebesar 133,7 miliar dollar AS atau susut 1,3 miliar dollar AS (0,96 persen).

Posisi terakhir ditempati oleh Warren Buffett dengan posisi kekayaan bersih senilai 124,4 miliar dollar AS. Warren Buffett satu–satunya miliarder dalam lima besar yang mengalami kenaikan jumalh kekayaan sebesar 0,19 persen, setara dengan 238 juta dollar AS.

Adapun miliarder pendatang baru versi Forbes yakni, sutradara Lord of the Rings Peter Jackson yang berada di urutan 1.929, Pendiri platform transaksi Metaverse, OpenSea Devin Finzer dan Alex Atallah di posisi 1.397. Taipan e-commerce Miranda Qu di posisi 1.645, dan penyani sekaligus pebisnis kosmetik Rihanna berada di posisi 1.729.

Dari total 2.668 miliarder, terdapat lebih dari separuh atau 1.891 orang miliarder yang memiliki kekayaan hasil jerih payahnya sendiri dengan mendirikan perusahan atau bisnis.

Sementara itu, terdapat 327 wanita miliarder dimana, 16 wanita diantaranya memiliki kekayaan besama pasangannya, anak, atau saudara kendung. Posisi itu dibanding tahun lalu yang jumlahnya mencapai 328 miliarder.

Baca juga: Tesla Operasikan Stasiun Supercharger Terpanjang di Dunia

Jika dilihat secara global, kawasan Asia-Pasifik memiliki miliarder terbanyak, dengan jumlah 1.088 miliarder, diikuti oleh Amerika Serikat 735 orang, dan Eropa 592 miliarder.

Sementara itu, akibat perang Rusia–Ukraina, terdapat 329 orang milioner yang keluar dari daftar orang terkaya versi Forbes. Ini merupakan penurunan tertinggi dibanding tahun lalu sebesar 169 orang milioner. Sementara itu, jumlah pendatang baru tahun lalu adalah sebesar 493 milioner.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes, Hartanya Lebih dari Rp 3.000 Triliun"

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved