Breaking News:

Percepat Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatkan Literasi Digital UMKM

Partisipasi pada kegiatan pasar malam ini menjadi bentuk komitmen ESB untuk terus meningkatkan literasi digital para pelaku UMKM khususnya sektor kuli

Shutterstock
Ilustrasi UMKM. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam mendorong kemajuan digitalisasi para pelaku UMKM kuliner, PT Esensi Solusi Buana (ESB) sebagai salah satu penyedia software sistem operasional bisnis kuliner all-in-one terlengkap yang mendedikasikan diri untuk dunia F&B, kembali hadir di Kota Solo.

ESB turut berpartisipasi dalam kegiatan Night Market Ngarsopuro bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM & Perindustrian Kota Surakarta.

Partisipasi pada kegiatan pasar malam ini menjadi bentuk komitmen ESB untuk terus meningkatkan literasi digital para pelaku UMKM khususnya di sektor kuliner. Tidak hanya itu, ESB turut menunjukkan dukungannya pada misi pemerintah kota Surakarta dalam mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Baca juga: 5 Sentra Produk UMKM Lokal Ini Siap Penuhi Kebutuhan Ramadan Kamu

CEO dari ESB Restaurant Technology, Gunawan Woen menjelaskan pihaknya berupaya terus menghadirkan edukasi teknologi guna mendorong literasi digital.

"Setelah partisipasi pada perhelatan Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 (DNES 2022) yang lalu, kami diundang oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM & Perindustrian Surakarta untuk menghadirkan edukasi teknologi ESB Order, POSlite by ESB dan ESB Goods kepada para pelaku UMKM di Surakarta. Kami sangat mengapresiasi kesempatan dan kepercayaan ini,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (10/4/2022).

VP of Business Development ESB, Bobby Hadiwijaya menambahkan beberapa partisipan dari kegiatan ini seperti Thiwul Solo Mb. Hesti & Pecel Yu Jasmo telah menggunakan teknologi ESB Order dan POSlite by ESB dalam menjalankan operasionalnya.

"Mereka dapat menjadi contoh awal bagi para pelaku bisnis UMKM yang lain dan kami yakin teknologi ESB bisa bermanfaat dan mendukung UMKM Kuliner di Kota Solo," ungkapnya.

Kegiatan Night Market Ngarsopuro merupakan kegiatan yang sudah ada sejak 16 Februari 2009, digagas oleh Presiden Joko Widodo sewaktu masih menjabat sebagai wali kota. Pada tanggal 9 April 2022, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Surakarta membuka kembali Night Market Ngarsopuro yang telah ditutup selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. Rencananya kegiatan ini akan diadakan setiap malam minggu di sepanjang bulan Ramadan 2022.

Semarak Night Market Ngarsopuro kali ini semakin lengkap dengan pengadaan tenda-tenda serta hiburan Live Music untuk menambah daya tarik bagi masyarakat. Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Solo, Wahyu Kristina dalam salah satu kesempatan menjelaskan bahwa dukungan sponsor dan kembali dibukanya Night Market Ngarsopuro ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi setempat pasca Covid-19.

Baca juga: UMKM Diajak Naik Kelas Lewat Kegiatan Pameran Offline

“Kami sadar bahwa masih banyak para pelaku UMKM di Indonesia yang belum memasuki ranah digital. Melalui ekosistem teknologi yang kami hadirkan, kami siap mendukung pelaku UMKM agar mereka semakin mudah beradaptasi dengan perkembangan gaya hidup, memberikan efisiensi operasional dan pengelolaan bisnis, serta meningkatkan pengalaman dan kualitas pelayanan, sehingga memungkinkan UMKM untuk tumbuh dan semakin meluas,” tutur Yang Hira Idris, Head of Business Development ESB.

Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved