Pasokan Gas Inggris Diprediksi Akan Mencukupi Permintaan hingga Musim Panas Nanti

Perusahaan gas alam dan listrik Inggris, National Grid memperkirakan Inggris akan memiliki pasokan gas yang cukup untuk memenuhi permintaan

BUMN.GO.ID
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Perusahaan gas alam dan listrik Inggris, National Grid memperkirakan Inggris akan memiliki pasokan gas yang cukup untuk memenuhi permintaan konsumen hingga musim panas nanti, yang berlangsung mulai bulan ini hingga September mendatang.

Total permintaan gas Inggris dalam enam bulan selama musim panas ini diperkirakan akan mencapai 34 miliar meter kubik, meningkat dibandingkan pada periode yang sama pada tahun lalu, yaitu sebesar 31,9 miliar meter kubik.

Baca juga: Zelensky Sebut Invasi Rusia Tak Masuk Akal, Sama Saja Seperti Bunuh Diri

Melansir dari Reuters.com, Inggris hanya memperoleh sekitar 3 persen gasnya dari Rusia, berbeda dengan Uni Eropa yang mengandalkan 40 persen gas dari Rusia.

Beberapa negara Eropa sebelumnya mengatakan keinginan mereka untuk mengurangi ketergantungan pada gas Rusia, setelah invasi yang Rusia lakukan terhadap Ukraina.

Bulan lalu, Rusia memerintahkan pembeli asing untuk membayar pengiriman gas mereka dalam rubel, bukan dalam bentuk mata uang euro mulai 1 April lalu, atau mereka tidak akan mendapat pasokan gas dari Rusia. Sebagian besar pembeli Eropa telah menolak perintah tersebut, dan memicu kekhawatiran mengenai ketersediaan pasokan gas.

Baca juga: Amankan Pasokan LNG Eropa, Perusahaan Migas Italia Teken Kesepakatan dengan Mesir

"Ketidakpastian ini, ditambah dengan harga gas yang tinggi dan penyimpanan UE yang rendah, berarti bahwa volume gas yang lebih tinggi dari sumber alternatif mungkin diperlukan untuk mengisi ulang penyimpanan UE ke tingkat minimum dalam persiapan untuk musim dingin 2022/23," kata National Grid.

National Grid menambahkan, Inggris dapat mengekspor gas mereka ke Eropa melalui pipa Interconnector yang terletak di Laut Utara. Selain itu, National Grid juga memperkirakan ekspor rata-rata gas Inggris ke Eropa mencapai 5,4 miliar meter kubuk, naik dari 0,7 miliar meter kubik pada periode musim panas lalu.

Baca juga: Di Ambang Turbulensi, Krisis Ukraina Ancam Ketahanan Pangan Global, Pasokan Semakin Menipis

National Grid mengharapkan pada musim panas ini, pasokan gas alam cair (LNG) di Inggris rata-rata sebesar 6,4 miliar meter kubik, dibandingkan dengan musim panas lalu yang mencapai 5,1 miliar meter kubik.

Dalam pandangan terpisah oleh National Grid's Electricity System Operator (ESO), puncak permintaan listrik musim panas ini diperkirakan akan mencapai 32,8 gigawatt (GW), sedikit lebih tinggi dari musim panas tahun lalu yaitu 32,5 gigawatt.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved