Menparekraf Sandiaga Uno Dukung ASN Work From Anywhere

Sandiaga Uno berujar pandemi Covid-19 memberikan pelajaran banyak hal, satu di antaranya peningkatan efektivitas bekerja dalam platform digital.

Dennis Destryawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung wacana Work From Anywhere (WFA) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sandiaga Uno berujar pandemi Covid-19 memberikan pelajaran banyak hal, satu di antaranya peningkatan efektivitas bekerja dalam platform digital.

"Tentunya bergeser pandemi ke endemi kami melihat byk efisiensi saat pandemi bisa dipertahankan termasuk WFA," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno: Kedatangan Ozil Akan Tingkatkan Wisatawan dari Eropa dan Timur Tengah

Meski bekerja dari mana saja, ucap Sandiaga, Key Performance Indicator atau alat ukur kinerja harus tetap terjaga. Jangan sampai, bekerja dari mana saja membuat KPI seorang tidak memenuhi target.

"WFA boleh selama dalam lingkup efisiensi tinggi, tapi juga pencapaian yang optimal," tutur Sandiaga.

Sandiaga mengatakan WFA membuka peluang bagi destinasi-destinasi wisata. Ia mendukung adanya WFA, namun peningkatan layanan publik semakin baik.

"Kami mendukung tapi dalam bingkai peningkatan kinerja dan layanan publik semakin baik," imbuh Sandiaga.

Sebelumnya, ASN atau PNS diwacanakan akan menerapkan pola kerja baru yakni bisa bekerja di mana saja atau work from anywhere atau WFA.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara Satya Pratama menjelaskan, maksud dari WFA adalah ASN dapat bekerja secara fleksibel dari mana saja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Baca juga: Kontribusi Devisa Hingga Rp 5,9 Triliun, Menparekraf Sasar Peningkatan Turis Asal Timur Tengah

Sejalan dengan Satya, pelaksana tugas Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mohammad Averrouce, juga menyebut bahwa WFA untuk ASN sejalan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi dan penyederhanaan birokrasi.

Selain itu secara substansi pemerintah tengah berupaya untuk menyederhanakan struktur organisasi, pengalihan jabatan struktural ke fungsional dan penyesuaian sistem kerja yang lebih dinamis, agile dan kolaboratif.

Namun, pemerintah perlu melakukan kajian mendalam terkait wacana bekerja di mana saja atau work from anywhere bagi ASN ini, jangan sampai semangat inovasi baru ini salah kaprah dan justru menambah masalah-masalah baru, sehingga lepas dari tujuan awal yakni peningkatan kinerja dan pelayanan kepada publik.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved