Ini Kata Orang Prancis yang Kepincut Batik asal Solo di #ShopeeJAVAinPARIS

Gelaran #ShopeeJAVAinPARIS menjadi ajang bagi para pelaku UMKM lokal untuk naik kelas dan melebarkan sayapnya ke mancanegara

Doc: Istimewa
Penggemar produk batik Indonesia asal Prancis, Joelle, saat datang menghadiri event Shopee Java in Paris 

TRIBUNNEWS.COM - Shopee bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo, KBRI Paris, dan juga BHV Marais menyelenggarakan program pameran produk internasional bertajuk #ShopeeJAVAinPARIS.

Ribuan barang UMKM lokal yang lolos kurasi ketat pun dipamerkan dan dijual di Le BHV Marais pada 8 Juni hingga 15 Juli 2022.

Tak hanya satu-dua, tetapi terdapat ratusan produk UMKM Indonesia yang membanjiri department store terkemuka di Paris tersebut. Mulai dari brand batik seperti Danar Hadi, batik Trusmi, batik Shiroshima, brand tas kulit Janédan yang mengangkat konsep ramah lingkungan, hingga brand kopi JJ Royal.

Baca juga: #ShopeeJAVAinPARIS Telah Dibuka, Ribuan Warga Paris Terpukau Keindahan Budaya Indonesia

Sebagai department store terkemuka, tentunya banyak warga Prancis dan turis mancanegara yang berkunjung Le BHV Marais di pusat Kota Paris. Para pengunjung pun terlihat mengagumi pertunjukan seni serta ratusan produk-produk Indonesia yang dipamerkan di department store ternama jaringan Gallery Lafayette ini.

“Acara pameran ini sangat bagus dan menarik, dan produk-produknya mengagumkan! Saya menyukainya!” ujar Jo, seorang warga Paris, Prancis, yang terkagum akan pertunjukan kebudayaan Indonesia di acara “Java in Paris”.

Tak hanya itu, Jo juga memuji keindahan kemeja batik Danar Hadi, brand batik legendaris asal Solo yang ikut berpartisipasi di acara tersebut. Jo yang memang tertarik akan kebudayaan Indonesia pun mengaku begitu terpikat dengan motif unik yang ada pada batik.

“Java in Paris ini sangat bagus, berhasil mempresentasikan Indonesia ke mata dunia dengan berbagai pertunjukan budaya,” kata Jo.

Baca juga: Terpilih Kurasi di Pameran Internasional di Paris, ini Kisah Danar Hadi Bersama Shopee

Jo pun mengungkapkan bahwa banyak orang yang juga mengapresiasi produk-produk lokal Indonesia yang tidak hanya klasik (tradisional), namun juga kekinian dan berbeda dari produk fashion yang dijual di Eropa.

Momen kemeriahan pembukaan event Java in Paris di Le BHV Marais, Paris, yang mempersembahkan pertunjukan budaya Indonesia
Momen kemeriahan pembukaan event Java in Paris di Le BHV Marais, Paris, yang mempersembahkan pertunjukan budaya Indonesia (Doc: Istimewa)

Produk UMKM Indonesia punya kualitas unggul

Gelaran #ShopeeJAVAinPARIS menjadi ajang bagi para pelaku UMKM lokal untuk naik kelas dan melebarkan sayapnya ke mancanegara, serta menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan warisan tradisi budaya ke panggung dunia.

Melalui acara ini, Shopee membuktikan bahwa UMKM lokal dari Indonesia pun mampu bersaing secara global, dan sebagai bukti komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM.

Selain Jo, komentar senada juga diungkapkan Joelle, seorang perempuan Prancis yang jatuh cinta dengan wisata Bali.

Baca juga: Java in Paris: Shopee, Pemkot Solo, dan KBRI Paris Bawa Ratusan Produk UMKM Melantai di Prancis

Bahkan, Joelle mengaku dirinya memang sengaja datang ke pameran “Java in Paris” tersebut untuk menyaksikan langsung pertunjukan musik, tari, dan produk kebudayaan tradisional Indonesia.

Joelle yang sudah familier dengan pakaian batik khas tanah air ini tanpa ragu mengatakan produk UMKM asal Indonesia yang dijual di Le BHV Marais sangat menarik dan berkualitas unggul.

Dirinya pun bercerita pernah berkunjung ke Indonesia, tepatnya Bali, dan sempat membeli beberapa batik Indonesia dengan motif cantik di Ubud.

Baca juga: Nyinden di Jalanan Paris, Anggun dan 28 Penari Solo Pukau Penonton di Pembukaan #ShopeeJAVAinParis

“Hari ini, saya berasa bernostalgia kembali karena bisa melihat lagi kain-kain batik yang indah dan memiliki kualitas yang baik, dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sejauh ini saya senang dengan produk-produk yang dipamerkan di sini, membuat saya rindu ingin kembali ke Indonesia,” tutup Joelle.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved