Isu Shopee akan PHK Massal Karyawan, Disebut untuk Sesuaikan Sumber Daya dan Kegiatan Operasi

Akhir-akhir ini beredar kabar soal Shopee yang akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam jumlah besar.

dok. Shopee
Logo Shopee. 

TRIBUNNEWS.COM - Akhir-akhir ini beredar kabar soal Shopee yang akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam jumlah besar.

PHK tersebut akan dilakukan Shopee kepada karyawannya di beberapa wilayah operasional mereka.

Dilansir Kompas.com, kabar PHK massal tersebut berawal dari sebuah memo internal yang dikirim oleh CEO Shopee, Chris Feng.

Memo tersebut kemuadian dikutip oleh sejumlah media internasional, salah satunya media Singapura, The Strait Times.

Baca juga: Ini Kata Orang Prancis yang Kepincut Batik asal Solo di #ShopeeJAVAinPARIS

Dilansir The Strait Times, PHK ini akan dilakukan pada karyawan Shopee yang bekerja di bagian ShopeeFood dan ShopeePay yang berada di sejumlah wilayah operasional, termasuk Asia Tenggara.

Namun, Feng tidak merinci negara-negara mana saja di Asia Tenggara yang akan terpengaruh PHK massal ini.

Diketahui, Shoppe memiliki kantor di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Singapura sebagai kantor pusat regional Asia Tenggara.

Feng juga menyebut dalam memonya, ia akan mem-PHK tim Shopee yang berada di Meksiko, Argentina, Chili, dan tim yang membantu ekspansi Shopee di Spanyol.

Baca juga: Gelaran Shopee Java in Paris Pertemukan Gibran dan Petinggi Louis Vuitton, Potensi Kolaborasi?

Demi Penyesuaian Sumber Daya dan Kegiatan Operasi

Lebih lanjut, Feng mengungkapkan bahwa langkah PHK dilakukan demi menyesuaikan sumber daya dan kegiatan opersasi Shopee di sejumlah pasar operasional.

"Mengingat kekhawatiran akan kondisi ekonomi dunia yang menunjukkan ketidakpastian, kami percaya bahwa penyesuaian perusahaan penting dilakukan demi meningkatkan efisiensi dan fokus di sumber daya yang kami miliki, meski hal ini sulit dilakukan," kata Feng, dilansir The Strait Times, Rabu (15/6/2022).

Meski demikian Feng menekankan bahwa bisnisnya akan terus beroperasi seperti biasa di Shopee Meksiko, Argentina, Chili, serta ShopeeFood dan ShopeePay Asia Tenggara.

Baca juga: Nyinden di Jalanan Paris, Anggun dan 28 Penari Solo Pukau Penonton di Pembukaan #ShopeeJAVAinParis

Feng juga berkomitmen untuk memberikan tingkat dukungan yang sama kepada pengguna, mitra, dan pedagang yang dinaunginya.

"Bisnis kami akan terus beroperasi seperti biasa di Shopee Meksiko, Argentina, Chili, serta untuk ShopeeFood dan ShopeePay di Asia Tenggara."

"Kami berkomitmen untuk memberikan tingkat dukungan yang sama kepada pengguna, mitra, dan pedagang kami di semua pasar ini," ungkap Feng.

(Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani)(Kompas.com/Bill Clinten)

Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved