Gandeng STI, Kemenparekraf Siapkan Toilet yang Nyaman di Destinasi Wisata

Kemenparekraf menggandeng Satgas Toilet Indonesia (STI) untuk berkolaborasi menghadirkan fasilitas toilet yang nyaman di tempat wisata.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Hendra Gunawan
Hari Darmawan/Tribunnews.com
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Satgas Toilet Indonesia (STI) untuk berkolaborasi menghadirkan fasilitas toilet yang nyaman di tempat wisata. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, keberadaan toilet di tempat wisata sangatlah penting.

Maka dari itu, lanjut Sandiaga Uno, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Satgas Toilet Indonesia (STI) untuk berkolaborasi menghadirkan fasilitas toilet yang nyaman di tempat wisata.

“Keberadaan toilet ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dari tempat wisata yang juga wisatawan,” kata Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Ciptakan Efek Berganda Industri Hulu Migas, SKK Migas Dorong Pengembangan Wisata di Timur Indonesia

Kolaborasi dengan STI, menurut Sandiaga, diharapkan mampu membantu dan mendorong kebangkitan pariwisata Indonesia.

“Maka untuk menarik perhatian tersebut salah satunya dengan menyediakan toilet yang mumpuni, yakni bagi para pengunjung,” ucap Sandiaga Uno.

Sementar itu menurut Deputi Kebijakan Strategis STI, Rudy Wahyu Perdana menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai star up untuk melatih dan memanajemen masyarakat sekitar, agar mengelola toilet dengan baik.

Baca juga: Dampak Ekonomi Kehilangan Konsumsi Pariwisata Jepang per Tahun 1,23 Triliun Yen

"Jadi pembangunan toilet tidak bergantung pada APBN. Jadi kita mengajak semua toilet umum itu milik masyarakat untuk masyarakat," terangnya.

Rudy mengatakan, bahwa nantinya masyarakat akan dibantu dengan aplikasi bernama Jamban. Sehingga bagi penggunanya dapat mengecek langsung keberadaan toilet yang memadai, yakni sesuai dengan kebutuhan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved