Lewat Sistem Traceability, Konsumen Kini Bisa Lihat Produksi Suplemen dari Hulu Ke Hilir

Banyak perusahaan produsen makanan maupun suplemen yang kini berlomba untuk menghadirkan inovasi terbaru untuk tetap menjaga kepercayaan para konsumen

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Toni Bramantoro
ist
Lewat Sistem Traceability, Konsumen Kini Bisa Lihat Produksi Suplemen dari Hulu Ke Hilir secara Virtual 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak perusahaan produsen makanan maupun suplemen yang kini berlomba untuk menghadirkan inovasi terbaru untuk tetap menjaga kepercayaan para konsumennya.

Hal ini dilakukan agar mereka tetap loyal dan tidak beralih menggunakan produk lain.

Satu diantara banyak inovasi yang dihadirkan adalah pemanfaatan sistem traceability.

Lalu apa itu sistem traceability?

Traceability merupakan sistem untuk melacak atau mengetahui perjalanan suatu produk, mulai dari proses produksinya hingga konsumsinya.

Sistem ini sangat penting untuk mengoperasionalkan standar dan peraturan melalui peningkatan transparansi pada seluruh rantai pasokan.

Mengapa sistem traceability penting untuk perdagangan makanan yang aman?

Dikutip dari laman www.agrilinks.org, Kamis (30/6/2022), traceability dapat mengurangi kontaminasi, penyakit dan pembusukan dalam pasokan makanan dengan mengidentifikasi bahaya sebelum produk yang terkena dampak itu sampai ke pasar atau konsumen.

Saat makanan yang tidak aman lolos dari celah dan masuk ke sistem, maka sistem ini memungkinkan pelaku pasar atau regulator untuk mengidentifikasi dan mengisolasi sumbernya secara cepat untuk mengurangi konsekuensinya.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved