BUMN Tambang Ini Salurkan Dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Rp 13, 8 Miliar

Dana ini disalurkan melalui berbagai bentuk kegiatan yang dinilai dapat berdampak langsung kepada masyarakat.

Editor: Erik S
Istimewa
(Ilustrasi) PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah menyalurkan Rp13,8 miliar dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) hingga Mei 2022 (unaudited) yang mencakup pilar ekonomi, sosial dan lingkungan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah menyalurkan Rp13,8 miliar dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) hingga Mei 2022 (unaudited) yang mencakup pilar ekonomi, sosial dan lingkungan.

Dana ini disalurkan melalui berbagai bentuk kegiatan yang dinilai dapat berdampak langsung kepada masyarakat.

Baca juga: Crazy Rich Surabaya Budi Said Menang Kasasi, PT Antam Harus Ganti Rugi 1,13 Ton Emas

“Kami melakukan kegiatan baik pelatihan dan pembekalan bagi masyarakat agar dapat dijadikan keterampilan baik untuk membuka usaha maupun mencari pekerjaan, sampai pembelian hewan qurban untuk diberikan ke masyarakat,” kata Sekretaris Perusahaan ANTM, Syarif Faisal Alkadrie dalam pernyataan persnya yang diterima Tribun di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Salah satu bentuk pembekalan awal di tahun 2022 ini yang dilakukan ANTM adalah pelatihan kewirausahaan mitra binaan Jabodetabek dengan topik “go digital” kepada 20 orang dari Usaha Mikro dan Kecil dengan menyertakan berbagai bidang usaha.

“Kami memberikan pendampingan kepada Mitra Binaan yang berasa dari usaha industri kecil, dimana sebagian besarnya dari klaster food and beverage (F&B), sabun kecantikan, dan kerajinan. Kedua puluh mitra binaan tersebut menerima pendanaan usaha menengah dan kecil (PUMK) Kementerian BUMN RI yang merupakan program dana bergulir Antam,” jelasnya.

Baca juga: TGNHS Tanam Pohon dan Pelepasan Elang Brontok Kerjasama Brimob Polri dan Antam UBPE Ponkor

Menjelang Iduladha tahun ini, ANTM juga melakukan penyaluran hewan qurban total sekitar 154 ekor kambing dan 55 ekor sapi ini. Penyaluran hewan kurban ini akan disebar ke seluruh unit bisnis tempat ANTM beroperasi.

“Yang terbaru pemberian 57 ekor kambing qurban melalui salah satu yayasan di Bogor pada 6 Juli ini, di Kabupaten Bogor. Hewan qurban ini untuk disalurkan kepada setidaknya 1.425 kepala keluarga,” ujarnya.

Selain kegiatan di atas, ANTM juga melakukan berbagai kegiatan TJSL lain di berbagai daerah seperti pemberian bantuan tanggap darurat makanan dan sembako ANTAM kepada masyarakat di Kampung Cisarua Desa Purasari Kecamatan Leuwi Liang.

ANTM juga memberi bantuan berupa popok bayi, sabun mandi, oat-obatan, susu anak, sepatu boat, cangkul, air mineral, sabun cuci, slaber, pasta gigi, beras dan mie instan serta makanan ringan.

Baca juga: KPK Periksa Eks Marketing Manager Antam Terkait Kasus Korupsi Pengolahan Anoda Logam

Bersama dengan Kementerian BUMN, ANTM juga berkontribusi dalam pasar sembako murah dan bazar UMKM di Kabupaten Cirebon Jawa Barat yang ditujukan kepada 4.000 orang penerima.

Sementara itu, di Maluku Utara, ANTM melakukan pemberian bantuan 1 (satu) unit mobil ambulance kepada puskesmas perawatan Desa Buli Kecamatan Maba Halmahera Timur tanggal 7 April 2022.

Di bidang Pendidikan, ANTM melakukan pengembangan SDM khususnya pemuda di lingkar Tambang Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara sejumlah 32 orang di Tanjung Buli dan Marnopo.

“Pengembangan SDM dilakukan pelatihan penggunaan alat berat untuk dapat bekerja pada operasi pertambangan,” jelasnya.

Pada tahun ini, ANTM juga tetap melakukan tanggap Covid-19. Perusahaan memberikan bantuan operasional dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada 654 anak-anak sekolah dan pra sekolah di Kalong Liued di halaman Kantor Desa Kalong Liued.

“Kami juga memberikan sembako kepada 5.000 paket penerima di Kabupaten Bogor tanggal melalui salah satu yayasan dalam rangka Idul Fitri 2022,” imbuh Faisal.

Atas komitmen dalam melaksanakan program CSR, ANTM menerima penghargaan BUMN Communication and Sustainability (BCOMMS) Award dari Kementerian BUMN dan dua penghargaan CSR &PDB Awards 2022 yang dilaksanakan oleh Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (Willy Widianto)

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved