Bandara SIM Aceh Layani Penerbangan Internasional, Dua Maskapai Buka Rute Penerbangan ke Malaysia

Dua maskapai internasional sudah menyatakan minat untuk membuka kembali rute penerbangan dari Aceh ke Malaysia melalui Bandara SIM Aceh.

Editor: Dewi Agustina
Serambi Indonesia/Hendri
Suasana di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Dua maskapai internasional yaitu Air Asia dan Firefly sudah menyatakan minat untuk membuka kembali rute penerbangan dari Aceh ke Malaysia melalui Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Dua maskapai internasional yaitu Air Asia dan Firefly sudah menyatakan minat untuk membuka kembali rute penerbangan dari Aceh ke Malaysia melalui Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar.

"Ya, Air Asia dan Firefly sudah menyatakan minat. Tentu saja mereka harus mengurus perizinan untuk terbang dulu ke Kemenhub, bandara, dan lain-lain," kata Kepala Dinas Perhubungan Aceh, T Faisal.

Seperti diketahui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar kembali ditetapkan sebagai salah satu bandara yang melayani penerbangan luar negeri (internasional) di Indonesia.

Baca juga: GM Bandara I Gusti Ngurah Rai Antusias Sambut Kembali Beroperasinya Korean Air ke Pulau Bali

Hal ini sesuai Addendum Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tertanggal 15 Juli 2020 yang diteken oleh Kepala BNPB atau Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Suharyanto.

Dalam surat adendum tersebut juga ditetapkan sejumlah bandara untuk menerapkan standar protokol kesehatan (protkes) perjalanan luar negeri.

Tujuan dari Surat Edaran itu adalah untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19 melalui pintu masuk perjalanan luar negeri, dalam hal ini bandara.

Selain Bandara SIM, Kepala BNPB juga menetapkan 16 bandara lain untuk menerapkan prokes perjalanan luar negeri.

Di antaranya, Bandara Soekarno Hatta, Banten; Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur; dan Bandara Ngurah Rai, Bali.

Di Sumatera sebelumnya hanya Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara yang mendapat izin untuk melayani rute internasional.

Namun kini bertambah lagi yaitu Bandara SIM, Blang Bintang, Aceh Besar; Bandara Sultan Kasim II Riau; Bandara Sultan Mahmud Badrudin, Sumatera Selatan; Bandara Minangkabau, Sumatera Barat; Bandara Hang Nadim, Batam, dan Bandara Haji Fisabilillah, Kepulauan Riau.

Baca juga: Booster Jadi Syarat Perjalanan Penumpang Pesawat, AP I Siapkan Fasilitas Vaksinasi di 15 Bandara

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved