Strategi Pemasaran Produk Via Live Stream Marak, Kini Muncul Bisnis Penyewaan Studio Live Streaming

Adanya fenomena tersebut juga memunculkan bisnis pusat live streaming yang merupakan fasilitas khusus untuk menyediakan layanan live commerce

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
Bambang Ismoyo/Triunnews.com
Strategi pemasaran live stream di platform digital kini semakin sering dipraktikan oleh para pengusaha UMKM hingga brand-brand besar. Cara tersebut digadang-gadang efektif dalam mendorong penjualan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Strategi pemasaran live stream di platform digital kini semakin sering dipraktikan oleh para pengusaha UMKM hingga brand-brand besar. Cara tersebut digadang-gadang efektif dalam mendorong penjualan.

Adanya fenomena tersebut juga memunculkan bisnis pusat live streaming yang merupakan fasilitas khusus untuk menyediakan layanan live commerce.

Salah satunya perusahaan e-commerce enabler Jet Commerce Indonesia yang baru saja meresmikan sebuah pusat live streaming.

Baca juga: Tangkap Potensi Pasar, UMKM Perlu Terapkan Strategi Pemasaran Digital

Direktur Marketing Jet Commerce Indonesia, Agustina Putri Wijaya menjelaskan, live commerce sendiri merupakan aktivitas perdagangan yang menyiarkan produknya secara digital melalui video dan terhubung langsung dengan konsumen secara daring, yang dinilai telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Dalam laporan yang ia peroleh, tercatat terjadi peningkatan rata-rata pembelian melalui live streaming sebesar 76 persen di seluruh dunia, sejak awal pandemi hingga saat ini.

“Sebagai perusahaan jasa, Jet Commerce tanggap dalam beradaptasi dengan perubahan, salah satunya dengan berinovasi melalui peluncuran layanan live commerce yang sejalan dengan tren live shopping yang tengah berkembang pesat, serta mendirikan fasilitas Live Stream Center ini untuk mendukung pertumbuhan dan kualitas dari layanan baru kami,” jelas Agustina di Jakarta, (19/7/2022).

Dirinya kembali melanjutkan, tren live shopping semakin digemari karena mampu menawarkan pengalaman belanja online yang menyenangkan melalui interaksi langsung dan nyata antara penjual dengan konsumen.

Serta, kegiatan belanja ini membawa hiburan dan kesenangan bagi konsumen dari kesempatannya berinteraksi dengan influencer favoritnya.

Untuk itu, Jet Commerce melalui unit bisnisnya yakni Lumbalumba, menghadirkan fasilitas bernama Jet Commerce Live Stream Center yang berlokasi di Pluit, Jakarta Utara guna memperkuat kemampuan Jet Commerce Indonesia dalam memfasilitasi mitra brandnya dengan layanan live commerce miliknya, serta mendorong pertumbuhan layanan terbarunya tersebut.

Baca juga: Ingin Buka Bisnis Jelang Ramadan? Pelajari 6 Strategi Pemasaran Ini!

Live Stream Center yang memiliki luas sebesar 515 meter persegi ini berisikan 14 studio live stream dengan fasilitas lengkap termasuk desain studio yang dapat dikustomisasi sesuai kategori produk dan identitas merek para mitra brand Jet Commerce.

Di dalam setiap studio yang masing-masing memiliki luas berkisar antara 6 hingga 22 meter persegi ini, terdapat berbagai fasilitas penunjang live streaming.

Seperti perangkat OBS (Open Broadcaster Software) untuk meningkatkan kualitas video, lighting set yang lengkap, serta berbagai peralatan syuting lainnya.

Layanan live commerce secara menyeluruh untuk mitra brand Jet Commerce Indonesia, mulai dari live streaming, talent management termasuk menyediakan kreator konten atau influencer ternama, TikTok Shop Management, hingga content marketing.

“Kami melihat peluncuran Lumbalumba sebagai unit bisnis terbaru kami yang menyediakan layanan live commerce ini, akan semakin memperkuat ekosistem e-commerce yang Jet Commerce miliki,” pungkas Agustina.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved