LPEI Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Produk Asuransi Ekspor Demi Rasa Aman

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank mendorong para pelaku usaha/eksportir Indonesia agar memanfaatkan produk

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Ilustrasi - Ayu Krisna, pengrajin bunga hiasan sedang menunjukan hasil karyanya yang terbuat dari sampah material banjir seperti ranting pohon, kayu palet, botol plastik air kemasan, stereofoam, kain perca, kawat dan paku berkarat yang disulapnya menjadi benda seni bernilai tinggi dan punya nilai ekonomis, Rabu (6/7/2022). Melalui Galeri Bunga Rakit Krisna miliknya ini, bunga hias tersebut selain dipasarkan di dalam negeri, dengan permintaan terbesarnya berasal dari Pulau Bali juga untuk pasar ekspor ke mancanegara seperti Dubai dan Singapura. Ayu mengaku sering kewalahan memenuhi permintaan buyer yang terus meningkat. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank mendorong para pelaku usaha/eksportir Indonesia agar memanfaatkan produk asuransi ekspor.

Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso memaparkan pihaknya terus memberikan akses pemasaran produk asuransi Trade Credit Insurance ke para eksportir.

“Produk Asuransi Trade Credit Insurance kami ini berfungsi untuk menutup risiko gagal bayar oleh buyer, sehingga produk ini dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan confidence level debitur atau para eksportir,” kata Rijani dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Pemasaran Produk Trade Credit Insurance (TCI), Jumat (5/8/2022).

“Tentu saja perbankan khususnya dalam melakukan penetrasi kepada negara tujuan dan buyer tertentu,” lanjutnya.

Baca juga: Akademisi: RI Perlu Genjot Ekspor Sawit untuk Dorong Kesejahteraan Petani Swadaya

Sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI, LPEI memilki peran untuk meningkatkan ekspor nasional dalam bentuk penyediaan fasilitas Pembiayaan, Penjaminan, Asuransi dan Jasa Konsultasi.

“Fasilitas asuransi ekspor yang disediakan diharapkan dapat mendukung para eksportir Indonesia untuk melakukan ekspansi secara optimal, dengan risiko yang lebih termitigasi,” harap Rijani.

LPEI menandatangani nota kesepahaman kerjasama dengan pialang asuransi PT Bringin Sejahtera Makmur (Brisma) yang merupakan anak usaha dari Dana Pensiun Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Ruang lingkup kerjasama ini, selain memasarkan Produk Asuransi TCI LPEI kepada para debitur/eksportir, Brisma juga dapat memasarkan kepada perbankan khususnya dalam melakukan pemberian fasilitas AR Financing dan/atau kredit modal kerja lainnya.

Direktur Utama Brisma Noroyono mengharapkan para eksportir dapat melakukan ekspansi pasar baru tanpa rasa was-was.

“Suatu kehormatan bagi kami dapat bekerjasama dengan LPEI sehingga kami berharap dapat menjadi mitra yang baik dalam mendukung mandat LPEI untuk mendorong ekspor nasional,” ujar Noroyono.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved