Sosialisasikan Bulan Cinta Laut, KKP Gelar Turnamen Foto dan Video Bawah Laut di Kawasan Mandeh

KKP menggelar turnamen fotografi dan videografi bawah laut di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Editor: Sanusi
dok Kementerian Kelautan dan Perikanan
Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto. Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar turnamen fotografi dan videografi bawah laut di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 17-19 Agustus 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar turnamen fotografi dan videografi bawah laut di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada 17-19 Agustus 2022.

Turnamen tersebut untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus dalam rangka persiapan peluncuran atau road to Kick Off Bulan Cinta Laut (BCL) secara nasional yang pelaksanaannya dijadwalkan pada Oktober 2022.

"BCL menjadi salah satu implementasi Program Ekonomi Biru dalam pengelolaan sampah laut yang digagas Menteri Trenggono. Kegiatan di Mandeh nanti menjadi bagian dari mensosialisasikan BCL agar semua pemangku kepentingan di sektor maritim ikut serta dalam program itu ketika di kick off pada Oktober mendatang," ungkap Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto di Jakarta, Minggu (6/8/2022).

Baca juga: Hingga Juli 2022, KKP Tangkap 83 Unit Kapal Ilegal Fishing

Dijelaskannya, pemilihan kawasan Mandeh sebagai tempat turnamen karena memiliki potensi besar untuk menjalankan ekonomi biru mengingat selain alamnya yang indah, di sana ada kapal MV Boelongan Nederland yang karam pada masa perang dunia II.

"Prinsip ekonomi biru adalah menjaga ekologi disamping memanfaatkan laut untuk kegiatan ekonomi. Kita akan edukasi masyarakat jika kawasan Mandeh di manfaatkan secara ekonomi, alamnya harus dijaga. Ini semua sesuai dengan misi dari BCL," katanya.

Baca juga: KKP Reformasi Regulasi untuk Genjot Investasi Berbasis Ekonomi Biru

Ditegaskannya, menjaga kesehatan laut, merupakan komitmen utama KKP di bawah kepemimpinan Menteri Sakti Wahyu Trenggono.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya turnamen ini," katanya.

Doni menambahkan, pelaksanaan turnamen nantinya diawali dengan upacara bendera memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI yang akan berlangsung di bawah air pada 17 Agustus 2022 oleh peserta turnamen dan pegawai KKP.

Baca juga: KKP: Teknologi Kunci Pembangunan Smart Fisheries Village

Setelahnya baru dilakukan pengambilan foto dan video di lokasi penyelaman yang telah ditetapkan panitia penyelenggara.

"Turnamen ini terbuka untuk umum, silahkan kirimkan contoh foto dan video underwater untuk seleksi awal. Nanti yang lolos seleksi akan mengeksplorasi langsung keindahan bawah laut perairan Mandeh pada 17 - 19 Agustus," pungkasnya.

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi mengapresiasi pelaksanaan turnamen fotografi dan videografi yang digelar KKP di kawasan Mandeh.

Pihaknya bahkan siap memberi dukungan selama pelaksanaan berlangsung.

"Ini baik sekali, dan mudah-mudahan memberi output yang baik untuk geliat wisata bahari di Kawasan Mandeh," ujar Mahyeldi.

Apresiasi dan dukungan juga datang dari Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar. Menurutnya, turnamen tersebut menjadi media promosi yang dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Kawasan Mandeh. Di sisi lain, edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan laut khususnya dari pencemaran sampah juga tersampaikan.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menekankan pentingnya menjaga kesehatan laut yang diwujudkan dalam kebijakan dan program kerja berbasis ekonomi biru.

Salah satunya adalah program Bulan Cinta Laut (BCL) yang dirancang khusus untuk mengentaskan persoalan sampah plastik di laut.

Program BCL yang digagas Trenggono tak sekadar mengajak masyarakat membersihkan sampah di pantai, namun mendorong nelayan untuk mengambil sampah di laut dan hasilnya akan dikonversi sesuai harga terendah ikan saat itu.

Pelaksanaan BCL di seluruh Indonesia menyesuaikan kondisi cuaca di masing-masing daerah.

Jadi, selama 1 tahun ada 1 bulan yang dilaksanakan program BCL di masing-masing daerah disesuaikan kondisi cuaca/ musim menangkap ikan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved