Ditopang Kenaikan Konsumsi, Ekonomi Jepang Tumbuh 2,2 Persen di Kuartal II-2022

pertumbuhan sebagian besar didorong oleh kenaikan 1,1 persen konsumsi swasta, yang menyumbang lebih dari setengah PDB Jepang.

Richard Susilo
Daerah pariwisata di Asakusa Tokyo Jepang. Ekonomi Jepang mengalami pertumbuhan sebesar 2,2 persen pada kuartal kedua tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Ekonomi Jepang mengalami pertumbuhan sebesar 2,2 persen pada kuartal kedua tahun ini.

Dilansir dari Aljazeera, Selasa (16/8/2022) pertumbuhan sebagian besar didorong oleh kenaikan 1,1 persen konsumsi swasta, yang menyumbang lebih dari setengah PDB Jepang.

Di sisi lain, ekonomi Jepang saat ini masih menghadapi jalan yang tidak pasti menuju pemulihan, di tengah melambatnya pertumbuhan global, meningkatnya inflasi, kendala rantai pasokan, melemahnya yen, dan kembali naiknya kasus infeksi Covid-19 domestik.

Baca juga: Jepang Serius Pertimbangkan Aturan Mengungsi Bagi Warganya Jika Terjadi Perang

Pada Juli lalu, Dana Moneter Internasional memangkas prospek pertumbuhan Jepang untuk 2022 menjadi 1,7 persen atau turun dari target sebelumnya yakni 2,4 persen.

Sementara itu, pemulihan ekonomi Jepang dari pandemi telah tertinggal dari negara-negara lain karena konsumsi yang lemah, yang diperburuk oleh kontrol perbatasan yang sedang berlangsung dan pembatasan pandemi domestik yang berlanjut hingga Maret.

Pemulihan yang lemah telah mengubah Bank of Japan (BoJ) menjadi outlier global, dengan tetap berpegang pada pelonggaran kebijakan moneter karena bank sentral lainnya menaikkan suku bunga untuk menekan kenaikan inflasi.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved