Menkominfo Sebut 400 Ribu STB TV Digital Akan Disebar di Jabodetabek

penghentian total siaran analog dan digital penuh atau analog switch off (ASO) untuk beralih ke TV digital akan berlaku dengan beberapa tahap.

Editor: Sanusi
Rizki Sandi Saputra
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate mengatakan, keseluruhan pemberlakuan analog switch off pada 2 November 2022, tergantung kesiapan masing-masing wilayah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan, penghentian total siaran analog dan digital penuh atau analog switch off (ASO) untuk beralih ke TV digital akan berlaku dengan beberapa tahap.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate mengatakan, keseluruhan pemberlakuan analog switch off pada 2 November 2022, tergantung kesiapan masing-masing wilayah.

"Sementara di Jabodetabek, ada 400 ribuan STB yang harus dibagikan. Ini sedang proses didistribusikan, belum kita lakukan," ujarnya dalam acara diskusi di sekitar Thamrin, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Menkominfo: Tidak Semua Warga yang Dapat Bansos Butuh STB TV Digital

Karena melalui beberapa tahap alias multiple analog switch off tersebut, wilayah Jabodetabek mendapat gilirannya sekarang.

"Sekarang giliran wilayah Jabodetabek, sekarang kita siapkan distributor STB ke masyarakat miskin. Secara teknis akan dilakukan multiple analog switch off," kata Johnny.

Sementara dari sisi teknis, pemberlakuan analog switch off di Jabodetabek ada kemungkinan untuk tidak mulus hingga berlaku seluruhnya sekira Agustus atau September 2022.

"Maksudnya secara teknis, TV analog bisa mati hidup mati hidup, tergantung masalah teknis hingga tanggal tertentu diumumkan full analog switch off di Jabodetabek. Nanti akan kita tentukan, apa di akhir Agustus atau awal September," pungkasnya.

Baca juga: Daftar Wilayah Terdampak Penghentian Siaran TV Analog Tahap 2, Tinggal 6 Hari Lagi

109 Wilayah Tak Bisa Akses Siaran TV Analog per 25 Agustus 2022

Inilah daftar Kabupaten/Kota yang tidak bisa akses siaran TV Analog per 25 Agustus 2022.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menghentikan siaran TV Analog di Indonesia sesuai jadwal Analog Switch Off atau ASO tahap 1 dan tahap 2.

Ada 21 Provinsi dengan 109 Kabupaten/Kota pada tahap ASO 2, di antaranya DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, DIY, dan Medan.

Sehingga, masyarakat yang tinggal di daerah ASO tahap 2 ini harus membeli Set Top Box TV Digital agar dapat mengakses siaran TV Digital.

Dalam hal ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk menggunakan Set Top Box TV Digital bersertifikat Kominfo, yang telah lolos uji kelayakan.

Halaman
1234
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved