Jakarta Selatan, Bandung dan Tangerang Masih Jadi Incaran Konsumen Properti

"Tercatat lokasi populer seperti Jakarta Selatan yang masih jadi incaran konsumen, dengan Tangerang dan Bandung sebagai area paling diminati

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
Ascent Futuretech
Ilustrasi properti. Pola perilaku konsumen yang bermigrasi masif ke media digital jadi momentum yang turut diperhitungkan dan perilaku tersebut mendorong naiknya minat investasi properti di kalangan masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perubahan pasar yang terjadi di industri properti selama semester 1/2022 memang tidak dapat dielakan yang dipicu faktor kebijakan ekonomi pemerintah dan penyesuaian strategi pasar para pebisnis properti.

Pola perilaku konsumen yang bermigrasi masif ke media digital jadi momentum yang turut diperhitungkan dan perilaku tersebut mendorong naiknya minat investasi properti di kalangan masyarakat.

CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda mengatakan, secara umum kinerja pasar perumahan tahun 2021 relatif lebih baik dibandingkan tahun 2020 dengan kenaikan unit terjual 27,3 persen dan kenaikan nilai penjualan 69,0 persen.

Baca juga: Selain Bermusik, April Celina Mulai Jalani Bisnis Properti

Dirinya juga melihat prospek pertumbuhan yang sangat baik pada 2022, dengan recovery pasar properti yang stabil.

"Seperti yang diprediksi sebelumnya, bahwa kemungkinan pasar akan kembali ke segmen yang lebih ‘membumi’ dengan target end-user pada pergerakan pasar ke depan,” kata Ali Tranghanda saat temu media bertema Indonesia Property Market Review 2022: Evolving Real Estate Landscape secara daring, Jumat (26/8/2022).

Ali mengatakan, nilai penjualan rumah di Jabodebek-Banten pada kuartal II/2022 mengalami kenaikan 17,8 persen yang meningkat signifikan setelah dalam dua triwulan mengalami penurunan.

“Dengan dinamika pasar global yang secara tidak langsung dapat memengaruhi pasar properti Tanah Air, kita jadi harus selalu bersiap untuk bisa terus maju ke depan," kata Ali.

Dalam kesempatan yang sama, 99 Group memaparkan tren pasar properti tanah air pada Semester I/2022.

Baca juga: Pengembangan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur Dinyakini Akan Bawa Berkah ke Pengembang Properti

VP of Finance Strategy and IR Role 99 Group Indonesia, Timothy Alamsyah mengatakan, mulai Januari hingga Juni 2022, data 99 Group mencatat fluktuasi minat kepemilikan properti yang terus membaik.

"Tercatat lokasi populer seperti Jakarta Selatan yang masih jadi incaran konsumen, dengan Tangerang dan Bandung sebagai area paling diminati di luar DKI Jakarta," kata Timothy.

Meskipun rumah tapak masih jadi primadona pilihan masyarakat saat membeli properti, apartemen juga mulai menunjukan kenaikan tren pertumbuhan positif.

Tipe properti ini bahkan mengalami kenaikan peminat yang sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya.

"Kita juga melihat adanya potensi baru dari kenaikan permintaan tanah atau lahan yang semakin banyak dicari konsumen,” papar Timothy.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved