Alasan Mengapa BBM RON 95 Malaysia Hanya Rp 6.794, Jauh Lebih Murah Dari Pertamax

Malaysia menjual BBM dengan RON 95 dengan harga hanya 2,5 Ringgit seliter, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 6.794,93, dikutip dari RinggitPlus.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
MarketWatch
SPBU Petronas dengan latar belakang Menara Petronas di Malaysia 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Di tengah kenaikan harga Baha Bakar Minyak atau BBM dalam negeri yang menyentuh angka Rp 10.000 per-liter untuk RON 90, negara tetangga justru menjual bahan bakar beroktan 95 dengan harga lebih murah.

Malaysia menjual BBM dengan RON 95 dengan harga hanya 2,5 Ringgit seliter, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 6.794,93, dikutip dari RinggitPlus.

Bahkan BBM Malaysia tersebut jauh lebih murah dari Pertamax dengan RON 92 yang harganya Rp 14.500/liter.

Sebagai informasi, Research Octane Number atau RON merupakan patokan kualitas BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan.

Baca juga: Update Harga BBM Rabu, 7 September 2022 di SPBU Pertamina Seluruh Indonesia

Harga untuk RON 95 disebut tidak berubah sejak 2018 karena pemerintah telah menerapkan Mekanisme Penetapan Harga Otomatis, tetapi perubahan signifikan dalam harga bahan bakar global selama seminggu telah memaksa pemerintah untuk memperkenalkan kembali harga bahan bakar mingguan untuk RON 95.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, menyampaikan harga BBM Malaysia lebih murah karena pemerintah memberikan subsidi yang lebih besar kepada perusahaan minyak dan gas pemerintah, yakni Petroliam Nasional Berhad (Petronas).

"Petronas subsidinya jauh lebih besar dari Indonesia. Makanya harga jual BBM-nya itu lebih murah karena minyak yang digunakan Malaysia, Amerika dan Indonesia dipatok berdasarkan minyak dunia," tutur Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, Senin (5/9/2022).

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved