Kemenkop UKM-Dekranas Latih 900 Ribu UMKM untuk Tembus Pasar Ekspor

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pemanfaatan ekonomi digital saat ini menjadi perhatian bagi pengembangan proses bisnis UMKM.

Editor: Hendra Gunawan
Tribunnews/Taufik Ismail
Menkop dan UKM Teten Masduki 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyatakan, telah melatih lebih dari 900 ribu UMKM pada 2022, untuk memperluas pemasaran hingga dapat menembus pasar ekspor melalui digitalisasi.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pemanfaatan ekonomi digital saat ini menjadi perhatian bagi pengembangan proses bisnis UMKM.

"Digitalisasi yang diciptakan para inovator selama ini telah terbukti mengubah jutaan pelaku UMKM menjadi lebih berdaya dan kuat kendati terhimpit pandemi Covid-19," ujar Teten dalam keterangannya, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Pelaku UMKM Perlu Ubah Mindset agar Kompetitif di Pasar Global

Menurut dia, proses digitalisasi atau digital onboarding memang penting bagi pelaku UMKM di Indonesia karena dapat menjadi solusi atas urusan perbankan yang cukup menyita waktu.

"Onboarding membuat pemasaran online menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan hanya dari genggaman tangan Anda," kata Teten.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Pusat Wury Ma'ruf Amin menambahkan, pihaknya fokus terhadap penguatan ekosistem UMKM sub sektor kriya dari hulu hingga ke hilir.

Dimulai sejak proses produksi, pembiayaan, pemasaran, sampai dengan kelembagaan seperti koperasi, serta transformasi digital bagi pelaku usaha.

“Kami juga menggandeng teman-teman disabilitas yang telah berkarya banyak di sektor kriya ini untuk dapat terus berkembang dan menemukan pasarnya," pungkasnya.

Sekadar informasi, kolaborasi Dekranas dan Kemenkop UKM sudah berjalan sejak 2019, namun pada 2020, kedua belah pihak sepakat mendesain ulang kegiatan ini untuk menjadi lebih berkelanjutan dan dengan pendekatan penguatan ekosistem untuk pelaku usaha.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved