Bawa UMKM Berdaya Saing Global, Begini Strategi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Teten Masduki, menyampaikan pemerintah terus memperkuat ekosistem usaha untuk para UMKM agar lebih punya daya saing dan daya tahan lebih kuat

Penulis: Lita Febriani
HO
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sinarmas berkomitmen membawa UMKM binaannya agar bisa naik kelas dan berdaya saing global dengan berbagai produk yang menjadi unggulan.

Managing Director Sinarmas Saleh Husin, mengatakan upaya sektor privat untuk menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM sebetulnya telah lama berlangsung di Sinarmas.

"Kami di Sinarmas memberikan pendampingan terhadap inisiatif maupun potensi ekonomi lokal di sekitar fasilitas produksi atau wilayah usaha yang berbasis pada kearifan lokal wilayah setempat. Agar dapat berkembang hingga masuk dalam rantai asok kami, dengan harapan mampu menjangkau pasar pangsa yang lebih luas lagi," tutur Saleh dalam Webinar 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Ekonom Aviliani Ajak Stakeholder Bantu UMKM Naik Kelas dan Jadi Mitra

Yang dilakukan Sinarmas untuk mendukung UMKM ialah dengan memperluas jangkauan jaringan UMKM, berinovasi pada solusi terpadu bagi pengguna hingga membangun Data Center terintegrasi yang dapat diartikan membukakan pintu lebih besar bagi UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

Lalu, melalui Sinarmas Financial Service juga menyediakan skema pembiayaan bagi UMKM, serta mensosialisasikan pemanfaatan mobile banking berikut bekerja sama dengan pemerintah dalam rangkaian literasi keuangan bagi UMKM di berbagai kota.

Sementara di ranah pendidikan, Sinarmas menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari tingkat sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi.

"Kami hadirkan program studi Digital Marketing and Communication, yang kami harapkan akan memberi cukup bekal bagi para lulusannya tak saja untuk siap bekerja namun juga mampu merintis usaha dengan dukungan teknologi digital. Begitu juga dengan upaya kurasi inkubasi pendampingan, kemudian pendanaan terhadap usaha rintisan berbasis digital yang potensial, sekaligus memberi solusi bagi khalayak luas," jelas Saleh.

Sinarmas berharap seluruh inisiatif tadi bisa menjadi pembimbingan, pembibitan juga persemaian, serta menciptakan inovasi usaha, mengingat menaikkan kelas dan UMKM adalah kerja bersama.

"Kami tentu berbahagia ketika pemerintah utamanya lewat Kementerian Koperasi dan UMKM menggaungkan pentingnya inisiatif kewirausahaan guna mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi. Kemudian membantu mereka berkembang menjadi sebuah bisnis berkelanjutan yang terus tumbuh berdaya menggerakkan perekonomian sekaligus mengungkit kesejahteraan bangsa," ungkapnya.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, menyampaikan pemerintah terus memperkuat ekosistem usaha untuk para UMKM agar lebih punya daya saing dan daya tahan lebih kuat.

Baca juga: Kunker ke Ambon, Menparekraf Sandiaga Wujudkan Harapan Pegiat UMKM Asal Papua

"Kami terus mendorong kemitraan usaha besar dan usaha kecil di Undang-undang Cipta Kerja dengan berbagai insentif-insentif pajak. Kita juga mendorong transformasi UMKM kita ke digital. Target kita 30 juta UMK kita terhubung ke ekosistem digital. Saat ini sudah 19,5 juta, jadi ini percepatan yang luar biasa. Tapi PR kita bagaimana mencapai 30 juta di tahun depan," jelas Teten.

Strategi membesarkan UMKM yang ada di setiap daerah yang memiliki potensi scaling up, supaya mereka bisa lebih menyerap lapangan kerja dan mengurangi jumlah mikro dan ultra mikro.

"Saya berharap Sinarmas dapat berperan aktif sebagai mitra UMKM dalam membentuk pekerjaan skala menengah dengan mendukung aspek pembiayaan, pelatihan dan pendampingan, inovasi serta menjadi agregator dan opteker produk UMKM. Kemitraan akan meningkatkan daya saing UMKM yaitu memiliki standar kualitas yang lebih baik dan rantai nilai yang lebih kuat," imbuh Teten.


KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved