Breaking News:

Pertamina Dorong Ratusan UMK Daerah 'Naik Kelas' Manfaatkan Pemasaran Digital

Pertamina menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi ratusan Usaha Mikro Kecil (UMK) agar naik kelas melalui pemanfaatan pemasaran digital.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Shutterstock
Ilustrasi UMKM. Pertamina (Persero) menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi ratusan Usaha Mikro Kecil (UMK) agar naik kelas melalui pemanfaatan pemasaran digital. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi ratusan Usaha Mikro Kecil (UMK) agar naik kelas melalui pemanfaatan pemasaran digital.

Hal itu dikatakan VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriah Usman dikutip Sabtu (24/9/2022).

“Pertamina terus berupaya memberikan dukungan dan pendampingan kepada para mitra binaan, di mana para pelaku UMK bisa melakukan transformasi melalui penerapan digital menuju Go Online dan
Go Global," tutur Fajriah.

Baca juga: Ekonom: Suku Bunga Naik Bebani Bisnis UMKM

Pelatihan yang dilaksanakan secara daring ini sekaligus menjelang pelaksanaan puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Maluku Utara yang akan digelar berbarengan dengan HUT Provinsi Malut pada pertengahan Oktober 2020.

Fajriah berharap pelatihan ini dapat memperluas jangkauan pasar dan daya saing UMK, khususnya di Maluku Utara, melalui transisi sistem pemasaran teknologi digital.

“Tentunya pelatihan ini akan menjadi bekal bagi para pelaku UMK agar siap dalam menyongsong era kemajuan teknologi untuk mendukung pengembangan dan perluasan usaha secara online,” katanya.

Fajriyah menambahkan pelatihan digital ini merupakan wujud dan komitmen Pertamina untuk memajukan, memperkuat dan memberdayakan para mitra binaannya.

Melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK), sambungnya, Pertamina memiliki sembilan program yang fokus pada pemberdayaan UMK guna mendorong agar naik kelas.

Pada akhir Agustus 2022, Pertamina dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyelenggarakan kegiatan pelatihan trik foto produk, optimasi penjualan dengan penggunaan WhatsApp bisnis, peningkatan penjualan di era digital dan pembahasan aplikasi Selly (Selly.id) kepada 100 UMK Maluku Utara.

Baca juga: Indonesia Diprediksi Negara ke 4 Ekonomi Terbesar Dunia, Ini Strategi Gratyo Bawa UMKM Naik Kelas

Direktur Jendral Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorani menyampaikan bahwa kolaborasi yang dilakukan antara pemerintah dan Pertamina dilakukan untuk memfasilitasi dan membantu pelaku UMK Malut agar bisa meningkatkan usahanya.

Terbukti, kata dia, melalui Pertamina SMEXPO sudah ada 220 UMK asal provinsi itu telah terdaftar memanfaatkan marketplace.

“Saya berharap, para pelaku UMK untuk Bersama-sama memanfaatkan seluruh pelatihan baik offline maupun online dan bisa pro aktif untuk bisa terus mengembangkan usahanya," tuturnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved