UMKM Dinilai Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi Nasional Seperti Terjadi Saat Krisis 1998

Hal itu disampaikan HT ketika dikukuhkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara.

Ist
Harry Tanoe mengatakan UMKM adalah kunci kebangkitan ekonomi pada saat krisis pada tahun 1998. Hingga saat ini, UMKM tersebar di seluruh pelosok Nusantara jumlahnya mencapai sebanyak 60 juta. Sementara itu, yang terdata di Kementerian Koperasi dan UMKM baru mencapai sekira 30 juta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menyampaikan kesiapannya membantu pelaku UMKM, termasuk Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara agar naik kelas.

Apalagi, sektor UMKM merupakan kunci kebangkitan ekonomi pada saat krisis pada tahun 1998.

Hal itu disampaikan HT ketika dikukuhkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara.

Pengukuhan tersebut disaksikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketum Apmiso Nusantara Lasiman dan ratusan pelaku UMKM di Kota Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, HT yang juga Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menyampaikan terima kasih telah dipercaya sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara.

Baca juga: Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform AYO SRC

"Pertama, saya terima kasih dipercaya. Yang kedua, tentunya satu tugas yang saya harus emban bagaimana membantu Apmiso supaya maju," kata HT.

Hingga saat ini, UMKM tersebar di seluruh pelosok Nusantara jumlahnya mencapai sebanyak 60 juta. Sementara itu, yang terdata di Kementerian Koperasi dan UMKM baru mencapai sekira 30 juta.

"Untuk itu perlu dilakukan pendataan menyeluruh agar bisa menyalurkan beragam bantuan," kata HT.

HT berkomitmen membantu pelaku UMKM agar naik kelas melalui jaringan MNC Group. MNC Group akan membantu pedagang mi dan bakso yang kesulitan permodalan yakni dengan bantuan kredit MNC Bank.

Selain itu, memberikan edukasi berupa cara pengolahan bakso yang enak, higienis, dan halal.

Dengan kapasitas yang dimilikinya dari sisi media, HT menyebutkan akan membantu pemberitaan melalui TV, media portal, radio serta social media untuk membangun Apmiso Nusantara.

"Intinya, bagaimana Apmiso bisa lebih baik lagi, sehingga anggota-anggota itu kehidupannya lebih bagus secara kesejahteraan," ujar HT.

Zulkifli Hasan mengatakan, pedagang mi dan bakso harus mendapat perhatian lebih, di mana para pedagang tergabung dalam Apmiso Nusantara harus diberi dukungan, terutama soal harga bahan pokoknya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved