Sektor Pariwisata Rebound, Amannyaman Pasarkan Asuransi Perjalanan untuk Traveler

Industri pariwisata di 2022 ini menunjukkan tren pemulihan, antara lain ditandai oleh meningkatnya permintaan tiket penerbangan.

HO
PT AJI bekerja sama dengan ETIQA memasarkan produk asuransi perjalanan Amanyaman untuk para wisatawan atau traveler. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri pariwisata di 2022 ini menunjukkan tren pemulihan antara lain ditandai oleh meningkatnya permintaan tiket penerbangan di maskapai penerbangan baik pada rute domestik maupun internasional.

"Industri penerbangan internasional baru dicover travel asuransi saat ini baru 30 sampai 40 persen. Tapi kami punya keyakinan kenaikan pendapatan premi bisa diatas seratus persen. Tapi untiuk saat ini recovery belum sepenuhnya pulih," kata Direktur PT Aman Jelajah Internasional (AJI) Budi Kusmawardi di acara paparan produk Asuransi Perjalanan Amanyaman di Jakarta, Senin 31 Oktober 2022.

Budi melihat, dalam 10 tahun terakhir para traveler membeli tiket saat ada promo di event travel fair yang biasanya berlangsung di semester I pada bulan Februari atau di semester II di bulan Agustus.

Baca juga: Sandiaga Uno Dorong Pelaku Sektor Pariwisata Jadi Lokomotif Perekonomian Masyarakat

Melihat tren positif tersebut, PT AJI bekerja sama dengan ETIQA memasarkan produk asuransi perjalanan Amanyaman untuk para wisatawan atau traveler.

"Amanyaman ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para traveler Indonesia. Tidak hanya asuransi perjalanan biasa, produk ini dibangun oleh para profesional yang selama ini berkecimpung di industri asuransi perjalanan," ujar Budi Kusmawardi.

Budi menjelaskan, produk asuransi ini memberikan proteksi sejak sebelum berangkat atas risiko timbulnya biaya rebooking tiket, yang mencakup perubahan jadwal perjalanan yang dialami traveler, baik karena faktor perubahan oleh maskapai penerbangannya maupun oleh perubahan keperluan traveler bersangkutan.

Begitu juga proteksi terhadap risiko. Jika permohonan visanya ditolak oleh pihak kedutaan. Begitu juga proteksi jika traveler terpapar Covid saat melakukan perjalanan liburan.

"Biaya rawat inap di rumah sakit atau biaya isolasi mandiri bisa kami cover dengan limit cukup besar yang jika dikurskan saat ini nilainya sampai lima ratus juga rupiah," bebernya.

Visa Schengen

Budi menjelaskan, visa Schengen di sejumlah negara Eropa saat ini mensyaratkan traveler harus memiliki travel insurance dan Amanyaman sudah diapprove oleh aturan visa Schengen.

Selain itu, travel related cover juga mencakup pembatalan/pembatalan perjalanan, penundaan penerbangan, keterlambatan menerima bagasi atau kehilangan bagasi hingga peralatan main golf, serta kehilangan barang pribadi/barang berharga termasuk kehilangan kartu kredit.

"Ini yang kami tawarkan yang tidak ada di asuransi perjalanan yang ada di Indonesia saat ini," ujarnya.

Budi menjelaskan, proteksi Amanyaman mencakup annual trip berlaku untuk periode setahun maupun single trip, begitu juga pesertanya, single person maupun keluarga. Proteksi cakupan negaranya menyediakan opsi sebatas destinasi wisata di negara-negara di Asia maupun destinasi wisata worldwide/seluruh dunia.

Baca juga: Dorong Inklusi Keuangan, Great Eastern dan OCBC NISP Pasarkan Asuransi Premi Tunggal

Polis asuransi ini ditawarkan mulai dari Rp 80 ribu. Penerbitan polis dilakukan seketika saat traveler bertransaksi melakukan pembelian polis di travel agent dan dokumen polis akan langsung terkirim ke email traveler.

Proses Klaim

Proses klaim di asuransi ini bisa dilakukan melalui portal klaim Amanyaman lalu input nomor polis dan upload foto traveler pemilik polis. Asuransi perjalanan ini menyediakan layanan monitoring proses klaim yang sedang berlangsung.

Proses kaim atas asuransi ini oleh nasabah prosesnya paling tiga minggu.

Untuk memasarkan asuransi perjalanan ini PT AJI bekerja sama dengan travel agent offline, sementara kerjasama dengan travel OTA masih dalam pembicaraan.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved