Konflik Rusia Vs Ukraina

Perkuat Hubungan Kedua Negara dan Lebih Untung, India Akan Terus Impor Minyak Mentah dari Rusia

India merupakan salah satu negara yang belum menjatuhkan sanksi apa pun atas invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
CNBC
Anjungan minyak lepas pantai (oil rig) milik perusahaan minyak Rusia. Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar menyampaikan New Delhi berencana untuk terus mengimpor minyak mentah dari Rusia. Dalam pertemuan dengan mitranya Sergey Lavrov di Moskow, Jaishankar menyebut impor minyak dari Rusia akan semakin memperkuat hubungan antara kedua negara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, MUMBAI – Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar menyampaikan New Delhi berencana untuk terus mengimpor minyak mentah dari Rusia.

Dalam pertemuan dengan mitranya Sergey Lavrov di Moskow, Jaishankar menyebut impor minyak dari Rusia akan semakin memperkuat hubungan antara kedua negara.

“Rusia telah menjadi mitra yang stabil dan teruji waktu. Mereka juga telah menunjukkan kerja sama yang sangat baik dengan kami,” kata Jaishankar dalam konferensi pers bersama.

Baca juga: Turki Tingkatkan Impor Minyak Rusia Jadi 200.000 Barel Per Hari  

“Sebagai konsumen minyak dan gas terbesar ketiga di dunia, konsumen yang tingkat pendapatannya tidak terlalu tinggi, merupakan kewajiban mendasar kami untuk memastikan bahwa konsumen India memiliki akses terbaik dengan persyaratan yang paling menguntungkan ke pasar internasional,” imbuhnya.

Dikutip dari Aljazeera, Rabu (9/11/2022) pengumuman yang disampaikan oleh Jaishankar datang menjelang kunjungan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen ke New Delhi akhir pekan ini, ketika dia diperkirakan akan membahas rencana Kelompok Tujuh (G7) untuk membatasi harga minyak Rusia dengan para pejabat India.

Pejabat AS dan negara-negara G7 telah melakukan negosiasi yang intens dalam beberapa pekan terakhir mengenai rencana yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membatasi biaya pengiriman minyak melalui laut, yang dijadwalkan mulai berlaku pada 5 Desember untuk memastikan sanksi Uni Eropa dan AS tidak mencekik pasar minyak global.

Seperti diketahui, India merupakan salah satu negara yang belum menjatuhkan sanksi apa pun atas invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved