Munas HIPMI XIV

Kekelahan Diduga Picu Ricuh Hingga Berujung Adu Jotos Peserta di Munas HIPMI XVII Solo

OC Munas HIPMI mengklaim aksi adu jotos semalam disebabkan kesalahpahaman personal antar peserta munas HIPMI yang terjadi di luar rapat pleno.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
Screenshoot.
Adu jotos mewarnai Munas HiPMIXVII di Solo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Munas XVII HIPMI, M Ali Afandi menduga kelelahan diantara peserta menjadi pemicu kericuhan yang berujung adu jotos diantara sesama peserta Musyawarah Nasional HIPMI di Hotel Alila, Solo, Senin (21/11/2022) malam.

Menurut Ali, pertikaian itu terjadi lantaran adanya kesalahpahaman antara peserta. 

"Kejadian semalam disebabkan kesalahpahaman personal antar peserta munas HIPMI yang terjadi di luar rapat pleno. Akibat peserta kelelahan karena padatnya agenda Munas sejak pagi hingga tengah malam," kata Ali, Selasa (22/11/2022).

Meski begitu, Ali menegaskan, gelaran Munas HIPMI XVII tetap berlangsung sebagaimana yang sudah dijadwalkan.

Dia menambahkan, panitia Munas telah membrief kepada peserta agar seluruh tahapan berjalan humanis dan baik. 

"HIPMI selalu mengutamakan kekeluargaan, kalaupun terjadi suasana menghangat sedikit tapi tidak panas," tegasnya.

Ali menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang menghebohkan masyarakat. Dia mengaku akan menindak tegas para peserta yang terlibat secara kekeluargaan.

Baca juga: Ricuh, Adu Jotos Warnai Munas HIPMI XVII Solo

"Kami panitia meminta maaf kepada masyarakat dan peserta munas HIPMI atas kejadian yang terjadi semalam. Dan kami akan menempuh penyelesaian secara kekeluargaan karena memang kami adalah keluarga," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, gelaran Musyawarah Nasional (Munas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII yang berlangsung di Solo, pada Senin (21/11/2022) diwarnai dengan keributan hingga adu jotos.

Baca juga: Video Para Pengusaha Muda Adu Jotos pada Munas XVII HIPMI di Solo

Berdasarkan video yang diterima Tribunnews.com, terlihat dua orang berpakaian batik khas Munas HIPMI XVII, tengah beradu jotos diatas karpet merah yang membentang ruangan tersebut.

"Woy, woy, woy," ujar suara dalam video tersebut.

Aksi adu jotos itu menuai beragam reaksi dari peserta Munas HIPMI. Nampak peserta lain yang hendak melerai justru turut hanyut dalam pertikaian itu.

Baca juga: Puan dan Ganjar Satu Mobil Hadiri Munas HIPMI, Menteri Bahlil: Kemesraan Ini Jangan Cepat Berlalu!

Nampak pula seorang membawa penutup papan hidangan pada saat kericuhan berlangsung. Tak sedikit dari peserta mengabadikan peristiwa kericuhan itu melalui telepon selulernya.

Hingga berita ini dimuat, belum diketahui motif dari kericuhan yang menyebabkan adu jotos itu.

Sebelumnya, berdasarkan video yang disiarkan melalui YouTube HIPMI TV, kericuhan terjadi pada saat akan dimulainya sidang Munas HIPMI.

Saat itu peserta sidang melakukan interupsi, usai pimpinan sidang mengabsen anggota HIPMI dalam ruang sidang Munas.

Kericuhan terjadi hingga akhirnya pimpinan sidang menskors persidangan dua kali 15 menit. "Ganti, ganti, ganti pimpinan. Ganti pimpinan sekarang juga," sorak suara peserta Munas HIPMI XVII di Solo.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved