Sediakan SDM Industri Kompeten, Kemenperin Luncurkan Industrial Vocational Year 2023

Kementerian Perindustrian berupaya menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi untuk mendukung pertumbuhan industri.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
istimewa
Peluncuran Industrial Vocational Year 2023 yang merupakan puncak rangkaian kegiatan Industrial Vocational Week (IVW) 2022 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian berupaya menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi untuk mendukung pertumbuhan industri.

Upaya untuk mengoptimalkan talenta muda adalah melalui penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan vokasi yang berbasis teknologi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri di era digitalisasi industri 4.0.

Untuk itu, Kemenperin melakukan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan vokasi nasional melalui Pendidikan vokasi berupa SMK, Politeknik, Akademi Komunitas, penyelenggaraan Diklat 3 in 1, program setara Diploma Satu serta Penguatan Revitalisasi Link and Match SMK dan Industri guna memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca juga: Perlindungan OJK Tingkatkan Kinerja Industri Pasar Modal Dalam Negeri

Pencanangan Industrial Vocational Year 2023 merupakan puncak rangkaian kegiatan Industrial Vocational Week (IVW) 2022 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin bersama mitra industri dan mitra pembangunan dari dalam dan luar negeri.

Tujuan kegiatan ini untuk menyosialisasikan kegiatan pengembangan SDM industri melalui program vokasi industri.

"Ketersediaan SDM kompeten merupakan bagian investasi pengembangan industri. Upaya perbaikan pendidikan dan pelatihan vokasi menjadi penting untuk menjembatani kebutuhan tersebut," tutur Kepala BPSDMI Kemenperin Arus Gunawan pada Peluncuran Industrial Vocational Year 2023 (25/11/2022).

Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) melalui Axioo Class Program terus memberikan pengetahuan terbaru kepada calon SDM industri.

Hal ini membuat Axioo kembali berhasil mendapatkan apresiasi di tahun ini dalam acara peluncuran Industrial Vocational Year 2023.

Axioo Class Program merupakan program pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis teknologi sebagai salah satu strategi pemenuhan kebutuhan tenaga kerja industri di era digitalisasi industri 4.0.

Dalam Launching of Industrial Vocational Year (IVY) 2023 sebagai puncak acara berlokasi di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) melalui Divisi CSR Axioo Class Program berhasil mendapatkan penghargaan “Best Practices” dari Kementerian Perindustrian untuk Implementasi program vokasi di Indonesia.

Baca juga: Industri Kemasan Nasional Punya Peluang Bangun Jejaring Rantai Suplai Global

PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) merupakan perusahaan di Indonesia yang berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan program link and match antara sekolah vokasi dan kebutuhan industri yang dilaksanakan oleh pemerintah.

"Kami sangat bersyukur atas anugerah ini dan kami percaya anugerah ini berkat kerja keras dari seluruh tim pengajar axioo yang setiap minggu tidak pernah lelah untuk berkeliling seluruh Indonesia membagikan ilmunya.

Penghargaan ini akan menjadi pendongkrak semangat kami untuk bisa terus membaktikan Axioo untuk kemajuan bangsa Indonesia," Senior VP Social Impact PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) Timmy Theopelus.

Selain itu, BPSDMI dan Axioo Class Program telah melakukan penandatanganan MoU untuk menyelenggarakan “Axioo Robotic Academy”.

Pada Program ini Axioo akan berkontribusi langsung dalam dunia pendidikan vokasi di Indonesia untuk memberikan pengajaran, pelatihan, kurikulum dan bantuan-bantuan peralatan yang dibutuhkan agar para siswa pendidikan vokasi bisa memahami “dunia otomasi industri” lebih dalam lagi dengan cara yang mudah dan optimal.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved