Bantuan Kemanusiaan

Kembali Bantu Korban Gempa Cianjur, Perusahaan Jamu Ini Serahkan Donasi Senilai Rp300 juta

Sido Muncul melakukan penyerahan bantuan dengan total nilai Rp300juta melalui platform crowdfunding Benihbaik.com untuk diteruskan kepada para korban.

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Istimewa
Ilustrasi bantuan kemanusiaan 

TRIBUNNEWS.COM - Bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur pada Senin, 21 November 2022 memakan korban dengan jumlah yang tidak sedikit serta menimbulkan kerugian material yang besar bagi warga terdampak, termasuk kehilangan rumah dan tempat tinggal.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), ada 11 ribu rumah rusak sedang, 22 ribu rumah rusak ringan, dan 27 ribu rusak berat akibat gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Di tengah duka yang melanda, bantuan datang dari berbagai pihak yang berniat bahu membahu dalam meringankan beban serta kesedihan para korban.

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) pun turut memberikan bantuan untuk korban gempa Cianjur. Pada hari Senin (05/12/2022), Sido Muncul melakukan penyerahan bantuan dengan total nilai Rp300juta melalui platform crowdfunding Benihbaik.com untuk diteruskan kepada para korban.

“Hari ini, Sido Muncul memberikan bantuan logistik berupa 500 terpal dengan ukuran 4x5 meter dan 35 tenda ukuran 8 orang," ujar Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat di Kantor Sido Muncul, Jakarta, Senin (5/12/2022).

"Kami berterima kasih kepada Benihbaik.com yang telah menjembatani penyaluran bantuan ini. Semoga keadaan masyarakat terdampak gempa di Cianjur bisa segera membaik,” sambungnya.

Bantuan senilai Rp300 juta ini diserahkan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Pendiri Benihbaik.com yang juga merupakan bintang iklan Sido Muncul Andy F Noya. Selain itu, perusahaan juga menyerahkan produk kesehatan yaitu Tolak Angin Cair, Tolak Angin Anak, dan Tolak Angin Flu kepada para pengungsi.

Irwan Hidayat (kiri) menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur senilai Rp 300 juta
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat (kiri) menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur senilai Rp 300 juta dan pengadaan mikroskop guna baksos operasi katarak senilai Rp 240 juta melalui Benihbaik.com di Kantor Sido Muncul, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Andy mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Sido Muncul. Khusus untuk bantuan logistik berupa tenda yang diberikan Sido Muncul, Andy mengomentari bahwa hal ini dilakukan atas dasar rekomendasi pihaknya. Sebab, banyak korban gempa yang masih bertahan di sekitar rumah mereka, baik karena situasi jalan yang rusak atau rawan maupun keinginan menjaga harta benda di sekitar lokasi.

“Saat ini, banyak korban gempa yang membutuhkan tenda untuk berteduh atau tinggal. Bantuan (yang kami rekomendasi) ini akhirnya didukung oleh Sido Muncul,” kata Andy.

Bantuan dari Sido Muncul untuk korban gempa Cianjur ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, Sido Muncul juga telah menyerahkan bantuan berupa suplemen kesehatan Sido Muncul dan sembako dengan total nilai mencapai Rp657juta melalui berbagai pihak, yang dilakukan secara bertahap.

“Bantuan-bantuan yang kami berikan tersebut berupa produk Sido Muncul. (Kami menggandeng beberapa pihak) agar lebih mudah dalam pendistribusiannya,” tuturnya

Selain bantuan untuk korban gempa Cianjur, pada kesempatan ini Sido Muncul juga menyerahkan bantuan pengadaan mikroskop senilai Rp 240 juta melalui Benihbaik.com, yang akan diteruskan kepada Perdami Jawa Barat guna menunjang baksos operasi katarak.

Sido Muncul senantiasa memberikan dampak nyata bagi masyarakat, tak hanya melalui berbagai bantuan bagi mereka yang membutuhkan, namun juga dengan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sido Muncul meraih penghargaan bergensi SDGs Action Awards 2022 zzxc
Sido Muncul meraih penghargaan bergensi SDGs Action Awards 2022

Berkat segala langkah yang diambil oleh Sido Muncul, perusahaan ini baru saja kembali meraih pencapaian terbarunya, yaitu Indonesia’s SDGs Action Award 2022 dari BAPPENAS, yang merupakan ajang  penghargaan bagi pihak-pihak yang berkontribusi memberi dampak nyata kepada  masyarakat yang sejalan dengan 17 tujuan SDGs.

“Hari ini kami mengadakan syukuran di kantor karena telah berhasil membawa pulang penghargaan ini. Kami akan terus aktif memberikan dampak nyata bagi masyarakat dalam program-program community develompent. Di hilir, Sido Muncul sudah berpartisipasi terhadap 150 distributor di seluruh Indonesia dan membina berbagai usaha kecil sejak tahun 1974. Sementara, di hulu, sudah ada 130 petani yang dibina langsung oleh Sido Muncul,” jelas Irwan

Sebagai informasi, dalam ajang tersebut Sido Muncul bersaing dengan 252 perusahaan dan lolos di 5 besar. Selain Sido Muncul, ada PT Bank Central Asia Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk, Danone Group dan Chandra Asri Petrochemical. Setelah melalui proses panjang, Sido Muncul dianugerahkan pemenang pertama pada kategori Pelaku Usaha Besar, disusul oleh BCA dan Telkom.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved