Virus Corona

Kritik Cara Pemerintah Hadapi Corona, Rizal Ramli Minta Jokowi Hentikan Proyek Pemindahan Ibu Kota

Rizal Ramli mengkritik kebijakan Jokowi dalam menangani wabah virus corona di Indonesia.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Mantan Menko Kemaritiman, Rizal Ramli menjawab pertanyaan wartawan usai memenuhi panggilan KPK sebagai saksi terkait kasus BLBI di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019). Mantan Menko Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Ekuin) era Kepresidenan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu dipanggil KPK terkait kapasitasnya sebagai Ketua KKSK periode 2000-2001. 

TRIBUNNEWS.COM - Langkah dan kebijakan pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona atau covid-19 mendapat kritik dari Ekonom Senior, Rizal Ramli.

Secara tegas Rizal Ramli meminta pemerintah menghentikan semua proyek insfrastruktur besar.

"Ini waktunya untuk menyetop semua proyek-proyek infrastruktur yang besar. Ini kan kebanyakan ambisi berlebihan."

"Dibiayai dengan ugal-ugalan, dengan pinjaman yang sangat besar, dan kebanyakan bermasalah atau tingkat pemakaiannya sangat rendah."

"Ini waktunya stop dulu semua proyek- proyek besar," ujarnya dilansir melalui YouTube Indonesia Lawyers Club, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, hal seperti ini pernah dilakukan ketika pemerintah saat itu menghadapi krisis tahun 1998.

"Waktu krisis 98 kita lakukan. Kita hentikan dulu semua proyek yang enggak penting yang besar. Kita delay satu tahun kecuali proyek yang skala kecil," imbuhnya.

Ia menambahkan, uang dari proyek besar tersebut bisa digunakan untuk biaya kesehatan, makanan, dan daya beli untuk orang miskin.

Baca: Anggota DPR Ingatkan Jokowi Dampak yang Ditimbulkan Jika Lockdown Jakarta Akibat Corona

"Kita re-allocated uang yang harusnya untuk infrastruktur hanya ke tiga sektor yaitu kesehatan, ibu tadi bilang kurang alat, kurang ini kurang itu, ini kalau dua tiga proyek infrastruktur gede di stop uangnya sudah lebih dari cukup."

"(Untuk) Kesehatan untuk melawan pandemik ini. Makanan dan daya beli untuk yang miskin," ungkap pria kelahiran Padang ini.

Halaman
123
Penulis: Faisal Mohay
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved