Virus Corona

Ridwan Kamil Ungkap Jawa Barat Sudah Siapkan Skenario Jika Terjadi Lockdown, Stok Pangan Aman

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menyiapkan skenario terkait pentupan jalan dan penyaluran bahan pokok makanan jika nanti dilakukan lockdown.

KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwal Kamil menegaskan bahwa daerah yang dimpimpinnya sudah mengantisipasi dan siap jika akan diberlakukan lockdown oleh pemerintah pusat.

Ridwan Kamil mengaku telah membahas persoalan lockdown dengan jajarannya guna mengantisipasi kemungkinan terburuknya.

Hal itu diungkapkan Ridwal Kamil saat berbicara di Indonesia Lawyers Club yang membahas Pro & Kontra Lockdown, Selasa (17/3/2020) malam.

Pihaknya telah menyiapkan skenario terkait pentupan jalan dan juga penyaluran bahan pokok makanan jika nanti benar-benar dilakukan lockdown.

Berdasar laporan yang ia terima dari Bulog, menurutnya ketersediaan pangan di Jabar sudah mencukupi jika terjadi lockdown.

"Insyaallah kami siap, karena dalam kondisi hari ini, hitungan cadangan gula, beras dan lain-lain," kat Emil, sapaan akrabnya.

Baca: Ridwan Kamil Negatif Corona, Sempat Bertemu Menteri Perhubungan di Kertajati

Baca: Yakin Menteri Perhubungan Tertular Corona Bukan di Kertajati, Ridwan Kamil: Argumentasi Itu Gugur

Baca: Jokowi Belum Terpikir Lockdown, Amankah Stok Pangan jika Cara Ini Diterapkan?

Terkait masalah pendistribusian ke warga, pihaknya juga telah menyiapkan simulasi agar nantinya tidak terjadi kerusuhan.

"Dan kami sudah simulasikan, bagaimana warga mendapatkan jika lockdown terjadi, sehingga tidak ada rusuh, tidak ada orang yang mengambil keuntungan, dengan sebuah prosedur yang sedang kita siapkan," lanjutnya.

Selain masalah pangan, Emil juga sudah berkoordinasi dengan jajaran TNI dan Polri untuk menyiapkan skenario penutupan jalan.

"Dengan TNI-Polri kita sudah menyiapkan skenario lockdown, bagaiman jalan-jalan ditutup oleh beberapa personil, Polda dan Pangdam sudah aktif bersama kami," jelas Emil.

Halaman
1234
Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved