Virus Corona

Jokowi Minta Ada Rapid Test Corona, Anies Siapkan Mekanismenya di Jakarta

Anies Baswedan sudah menyiapkan langkah antisipasi jika rapid test virus corona benar-benar dilaksanakan pemerintah.

Tangkap layar akun YouTube Presiden Joko Widodo
Apa itu Social Distancing? Jokowi Unggah Video Soal Sosial Distancing, Perhatikan Berikut Ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menyiapkan langkah antisipasi jika rapid test virus corona benar-benar dilaksanakan pemerintah.

Jajaran Dinas Kesehatan, seluruh aparat keamanan dari unsur Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya, hingga perangkat di bawahnya bakal disiagakan.

"Kami antisipasi, jadi kita menyiapkan seluruh jajaran Dinas Kesehatan, seluruh aparat pemerintah. Kalau memang harus melakukan, kita akan melakukan dengan tertib dan rapi," kata Anies di Gedung Dinas Pendidikan DKI, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Baca: Kematian Tertinggi karena Corona, 475 Orang Meninggal dalam Sehari di Italia

Anies sebelumnya juga menggelar rapat bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam Jaya Mayjend TNI Eko Margiyono, serta seluruh jajaran Pemprov DKI. Salah satu yang dibahas adalah soal mekanisme rapid test di Jakarta.

Sehingga, jika alat pengecek virus corona itu sampai di Indonesia dan diarahkan ke ibu kota, Pemprov DKI bisa segera mengeksekusinya dengan efisien.

"Jadi nanti ketika kita sudah mengetahui berapa banyak alat testing yang akan diarahkan ke Jakarta, kita akan siapkan juga untuk bisa melakukan itu (rapid test) di Jakarta dengan efisien," ungkap Anies.

"Semua kita kerjakan bersama antara Pemprov kemudian unsur Polda, unsur Kodam, bahkan terus sampai ke bawah sampai Polsek, Babinsa Kamtibmas," pungkasnya.

Baca: Turki Umumkan Dua Kematian Pertama Kasus Covid-19

Pagi tadi (18/3), Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kementerian dan lembaga untuk melakukan tes cepat (rapid test) Corona secara meluas. Sehingga mereka yang terinfeksi bisa diketahui lebih dini.

Jokowi juga meminta jajarannya untuk memperbanyak alat tes Corona. Dia juga minta diperbanyak tempat-tempat yang dapat melakukan tes COVID-19.

"Segera lakukan rapid test (test cepat) dengan cakupan yang lebih besar agar deteksi dini kemungkinan indikasi awal seseorang terpapar covid19 bisa kita lakukan," kata Presiden dalam Rapat Terbatas melalui telekonferensi, Kamis, (18/3/2020).

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved