Melihat Solusi Absensi Perusahaan untuk Work From Home

Perlu formulasi dan strategi perusahaan untuk menerapkan work from home tetapi juga memastikan produktivitas karyawan tetap terukur.

Melihat Solusi Absensi Perusahaan untuk Work From Home
Mafani Fidesya Hutauruk/Tribunnews.com
hari pertama work from home di ruang Biro Humas Kemensos, Jakarta, Selasa (17/03/2020). Suasana sepi dan tidak ada pegawai humas yang masuk. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah aktif menyerukan kebijakan baru work from home kepada masyarakat, khususnya di Jakarta.

Seruan langsung itu agar masyarakat menunda segala aktivitas, termasuk di antaranya bekerja di luar rumah dan menggantinya di dalam rumah demi mencegah penyebaran Virus Corona, atau dikenal dengan istilah social distancing

Pemerintah pusat dan daerah saat ini sudah melakukan imbauan aktif untuk membatasi interaksi sosial masyarakat terkait dengan penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Beberapa daerah telah meliburkan sekolah, menutup akses tempat wisata dan fasilitas umum, membatasi penumpang transportasi umum, hingga mendorong pemilik usaha untuk menerapkan work from home kepada karyawan.

Work from home sendiri bukanlah hal baru di masyarakat Indonesia, meskipun karyawan perusahaan teknologi, startup hingga agensi yang biasanya lebih familiar dengan sistem ini.

Sementara di beberapa sektor industri lainnya, masih ada limitasi dalam penerapan sistem kerja work from home, sehingga para HR di tengah kondisi ini butuh waktu untuk memformulasikan strategi terbaik bagi perusahaan untuk menerapkan work from home tetapi juga memastikan produktivitas karyawan tetap terukur.

Keberadaan teknologi kemudian menjadi salah satu penopang keberlangsungan produktivitas dan operasional bisnis.

Belum lama ini, Talenta by Mekari, merilis satu aplikasi berbasis mobile yang mengedepankan solusi pengelolaan absensi karyawan yang praktis dan mudah digunakan yakni Attendance by Talenta.

Suwandi Soh, CEO Mekari, menyatakan di masa seperti ini, baik elemen pemerintahan, BUMN, pemilik usaha, dituntut untuk secara tanggap bergerak dengan strategis untuk mendukung imbauan pemerintah menerapkan work from home bagi karyawan, karena kesehatan dan keselamatan menjadi tujuan utama bagi semua.

"Adaptasi atas perubahan sistem kerja ini menjadi tantangan karena harus memastikan karyawan aman namun produktivitas tetap jalan. Attendance by Talenta kami harap bisa menjadi solusi yang tepat bagi para HR untuk dapat melakukan work from home yang terukur dengan baik,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved