Virus Corona

Operasi Aman Nusa II 2020, Polri Mapping Wilayah Rawan Virus hingga Patroli Cegah Penjarahan

Polri beserta seluruh jajarannya selalu berkoordinasi dengan BNPB, TNI dan Pemda dengan mengedepankan langkah pencegahan, penanggulangan dan penegakan

Igman Ibrahim
Brigjen Pol Argo Yuwono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri menggelar operasi terpusat Kontijensi Aman Nusa II 2020 selama 30 hari ke depan dalam rangka penanganan virus corona di seluruh wilayah Indonesia.

Selama operasi, Polri beserta seluruh jajarannya selalu berkoordinasi dengan BNPB, TNI dan Pemda dengan mengedepankan langkah pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum.

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono mengatakan operasi kontijensi Aman Nusa II 2020 ini juga menyasar para pelaku kejahatan hingga penimbun sembako.

Baca: Khofifah Paparkan Langkah seusai Tetapkan Jatim Darurat Bencana Covid-19: Lakukan di Luar Kebiasaan

"Upaya ‎preemtif kami mappping wilayah rawan penyebaran virus, mengimbau masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian dan kegiatan keagamaan serta melakukan upaya hidup bersih," tutur Argo saat dikonfirmasi Sabtu (21/3/2020).

Baca: Jamaah Ijtima Dalam Negeri Sebagian Besar Sudah Kembali via Jalur Darat dan Laut

Untuk upaya preventif, diungkap Argo, Polri melakukan patroli wilayah rawan penyebaran virus corona, melakukan pengawasan menggunakan alat ukur suhu panas tubuh.

Termasuk pula mengadakan sterilisasi dengan penyemprotan disenfektan di lokasi keramaian, palayanan publik hingga pusat ekonomi.

"Penegakan hukum, kami amankan lokasi rawan aksi kejahatan serta menindak pelaku kejahatan baik itu penjarahan, perampokan, pencurian sampai ke pelaku penimbunan bahan makanan dan kesehatan. Ada juga penindakan pada penyebar hoax terkait corona," ujarnya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved