Virus Corona

Update Penanganan Layanan Telekomunikasi Seminggu Kebijakan Kerja dan Belajar Dari Rumah

XL Axiata mencatat kenaikan trafik hingga 15 persen, sementara Telkomsel juga mengalami kenaikan yang signifikan.

Tribun Manado/Andreas Ruauw
Teknisi XL Axiata melakukan pengecekan di salah satu perangkat BTS yang berada di ruangan server XL Axiata yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (29/02/2020). PT XL Axiata Tbk terus menambah fiberisasi jaringan untuk menyambut teknologi 5G. XL Axiata menargetkan, pada akhir 2020, fiberisasi bias mencapai 60%-70% jaringannya. Tribun Manado/Andreas Ruauw 

TRIBUNNEWS.COM -- Hingga sepekan penerapan kerja dan belajar di rumah akibat virus Corona atau COVID-19, operator telekomunikasi terus memberikan layanan terbaik mereka.

XL Axiata mencatat kenaikan trafik hingga 15 persen, sementara Telkomsel juga mengalami kenaikan yang signifikan.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, di luar Lebaran dan Natal/Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15% dibanding hari biasa.

"Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah. Selain itu, program dukungan XL Axiata dengan memberikan free 2GB per hari untuk akses ke layanan data tertentu itu juga telah dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan di berbagai daerah. Kami akan terus memantau situasi dan kondisi yang ada, untuk menyiapkan jaringan lebih lanjut sebagai antisipasi dalam menghadapi segala kemungkinan yang muncul di hari-hari mendatang,” kata Gede dalam telekonferensi di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Baca: Tes Kepribadian - Pilih Satu Gaun yang Paling Disuka, Hasilnya Ungkap Karakter yang Kamu Miliki

Baca: Kemenkumham Rilis Pengumuman Hasil SKD CPNS 2019, Download Di Sini

Baca: Virus Corona Jarang Menyerang Bayi dan Anak-anak, Peneliti Ungkap Alasannya

Gede menjelaskan, opsi untuk meningkatkan kapasitas selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan.

Selain itu, XL Axiata juga siap menjaga kualitas jaringan dengan mengerahkan semua kemampuan seperti layaknya saat menghadapi lonjakan trafik Lebaran.

Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar.

Layanan data yang paling tinggi kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48%, Netflix 46%, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%. Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354%, Brainly 84%, Zenius 54%, dan Udemy 44%.

Jamin Kenyamanan Pelanggan

Sementara Telkomsel secara konsistren terus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi virus COVID-19. Telkomsel tetap berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas dan memastikan seluruh infrastruktur jaringan beroperasi optimal guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan.

Halaman
12
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved