Virus Corona

Malaysia Lockdown, Ma'ruf Amin: Kita Siapkan Sembako untuk TKI

Ma'ruf Amin menyebut pemerintah hendak menyiapkan kebutuhan pokok untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

Dokumen Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemerintah hendak menyiapkan kebutuhan pokok untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia.

Diketahui, Malaysia sudah lebih dari seminggu menerapkan kebijakan lockdown untuk mengatasi wabah virus corona.

Maka dari itu, para TKI mengalami masa sulit sehingga dibantu pemerintah melalui kedutaan besar.

"TKI di Malaysia misalnya, mereka dalam keadaan yang sulit apalagi dilakukan lockdown di sana, maka untuk itu kedutaan besar kita di Malaysia menyiapkan sembako untuk mereka," kata Ma'ruf saat konferensi pers melalui video conference, Selasa (31/3/2020).

Baca: Resmi Ditetapkan Jokowi, Penjelasan soal Darurat Kesehatan Menurut Undang-undang

Ia mengatakan, pemerintah RI juga tengah menyiapkan dana untuk pemberian bahan pokok kepada para TKI di Malaysia.

"Kemungkinannya akan dikirim dana untuk sampai ke sana, dan kemudian membelinya di sana. Sebab kalau mengirim sembako dari sini, pasti akan lebih rumit. Apalagi di sana lockdown," kata dia.

Pemerintah masih merumuskan mekanisme penyediaan bahan pokok tersebut. Termasuk jenis-jenisnya yang akan disesuaikan dengan kebutuhan para TKI.

Namun, kata Ma'ruf, seandainya terjadi kondisi yang memaksa para TKI tersebut harus pulang, pemerintah juga telah menyiapkan tahapan-tahapannya.

"Sejak di sana (tahapan pemulangan), kemudian transportasi dan penanganan di pintu masuknya, bahkan di kampungnya," kata dia.

Apabila di antara mereka ada yang terindikasi harus menjalani perawatan, kata dia, pemerintah juga telah menyiapkan tempat sesuai protokol Covid-19.

Namun yang terpenting, kata dia, apabila para TKI itu pulang, pemerintah daerah masing-masing menyiapkan antisipasi penanggulangannya. (Kompas.com/ Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres: Disiapkan Dana Bahan Pokok untuk TKI di Malaysia yang Terdampak Lockdown".

Editor: Ifa Nabila
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved