Virus Corona

Pemerintah Tengah Berusaha Pulangkan WNI Di Luar Negeri

Saat ini pemerintah Indonesia tengah berusaha mengatur kepulangan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

(KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Ribuan calon TKI ini tetap nekat mendaftarkan diri bekerja di Korea Selatan meski virus corona sedang mewabah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Republik Indonesi (RI) terus berusaha untuk menangani penyebaran Covid-19 di dalam negeri dan sekaligus melakukan perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Saat ini pemerintah Indonesia tengah berusaha mengatur kepulangan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. 

Beberapa diantaranya yang menonjol adalah pemulangan WNI dari dan para anak buah kapal (ABK) ke tanah air.

“Kita berusaha melihat dari clusternya,” ujar Menteri luar negeri (Menlu), Retno Marsudi dalam siaran pers Kemlu RI, Selasa (31/3/2020).

Baca: Korban Positif Covid-19 di Jepang Melebihi Angka 2.000 Orang

“Dua kepulangan WNI yang sangat menonjol saat ini yaitu kepulangan WNI dari Malaysia sebagai dampak dari pemberlakuan MCO (movement order control) dan kedua adalah kepulangan para ABK WNI sebagai dampak pemberhentian sementara operasi kapal-kapal pesiar dimana mereka bekerja,” lanjutnya

Saat ini hampir semua negara telah melakukan pembatasan pergerakan lalu lintas orang, yang berdampak pada WNI di luar negeri.

Sekiranya ada lebih dari 1 juta WNI yang bekerja di Malaysia dan sekiranya ada 11.838 ABK WNI yang  bekerja di 80 kapal.

“Jadi jumlahnya cukup besar. Jumlah ini mungkin dr waktu ke waktu akan bergerak sesuai dengan data-data yang masuk ke kami,” ujar Menteri Retno.

Baca: WHO Tegas Merekomendasi Pakai Masker saat Rawat Orang Sakit, Tak Perlu Pakai Bila Sehat

Disampikan Menlu, pemerintah lewat perwakilan RI juga telah memberikan bantuan para WNI yang berada di luar negeri terpenuhi.

Satu diantaranya memastikan oleh perwakilan RI untuk memastikan hak-hak para ABK WNI dipenuhi oleh perusahaan tempat mereka bekerja, serta memastikan sejumlah proses pemulangan para WNI berjalan lancar.

“Tadi pagi pukul 5, saya sudah melakukan komunikasi dengan Konjen kita di Johor Bahru yang pada saat itu sudah berada di pelabuhan Stulang Laut untuk memastikan bahwa proses teman-teman kita yang ingin pulang dapat berjalan dengan lancar," ujar Menlu.

"Saya juga melakukan komunikasi dengan Konjen RI di Kuching danterus memberikan bantuan bagi WNI yang memang ingin pulang. Untuk daerah Kuching mereka pulang melalui batas darat," lanjutnya.

Pemulangan WNI juga akan dilakukan prosedur dan protokol kesehatan dan kewajiban mengisi health alert card, dan prosedur karantina sesuai dengan kondisi masing-masing WNI.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved