Virus Corona

14 Napi Covid-19 Dibebaskan LP Blitar Lebih Cepat Untuk Cegah Menjangkitnya

Bambang Setyawan mengatakan, langkah ini sebenarnya dilakukan lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan.

Samsul Hadi/Surya
Kepala Keamanan LP Kelas II B Blitar, Bambang Setyawan. 

TRIBUNNEWS.COM, BLITAR - Untuk mencegah menyebarnya virus Corona atau Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Blitar membebaskan 14 orang narapidana pada Rabu (1/4/2020).

Kepala Keamanan LP Kelas II B Blitar, Bambang Setyawan mengatakan, langkah ini sebenarnya dilakukan lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan.

Pembebasan lebih cepat para napi itu dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Napi dan Anak Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Hari ini ada pembebasan 14 napi. Ini menjadi tahap pertama bagi napi yang mendapatkan SK pembebasan bersyarat dan cuti bersama. Setelah ini kami akan melakukan pembaruan data, untuk rencana pelepasan napi yang memenuhi syarat sesuai Peraturan Menteri," kata Bambang Setyawan.

Bambang mengatakan para napi yang mendapat pembebasan bersyarat melalui program asimilasi dan hak integrasi minimal sudah menjalani separuh hukuman pidana. Program asimilasi dan hak integrasi tidak berlaku untuk semua napi.

Khusus napi yang tersangkut kasus sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan untuk sementara tidak mendapat kesempatan program asimilasi dan hak integrasi.

"Khusus untuk napi kasus tertentu yang terkait dengan PP 99, seperti kasus korupsi dan narkoba untuk sementara tidak mendapat kesempatan program ini," ujarnya.

Menurutnya, program asimilasi ini sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran virus Corona di LP. Jika para napi tetap berada di LP, petugas akan kesulitan melakukan pembatasan fisik maupun sosial. Apalagi, kondisi LP rata-rata over kapasitas.

Baca: Sidang Pembunuhan Hakim Jamaluddin: Nuraidah Akan Menikah dengan Terdakwa Jepri, Ini Skenarionya

Baca: Ungkapan Sedih Aktor Star Wars Andrew Jack yang Meninggal Dunia akibat Virus Corona

Baca: Satu Kejadian Ini Buat Azriel sempat Pertanyakan Rasa Sayang Ashanty setelah Kelahiran Arsy

"Ini bukan berarti kami tidak melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona di dalam LP. Kami juga sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus itu. Tapi kondisi LP yang over kapasitas akan menyulitkan petugas melakukan pembatasan fisik maupun sosial," katanya.

Dia menjelaskan, petugas sudah melakukan upaya pencegahan dengan meniadakan jam kunjungan untuk napi. Jam kunjungan untuk napi diganti dengan layanan video call.

"Kami memutus kontak fisik dari luar dengan meniadakan jam kunjungan. Kami juga memberi sosialisasi dan edukasi tata cara menghindari penyebaran virus kepada para napi," ujarnya.

Selain itu, kata Bambang, petugas juga sudah menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan LP. Petugas yang keluar masuk LP juga disemprot menggunakan cairan disinfektan.

"Untuk sementara penyemprotan kepada petugas yang datang ke LP masih manual, rencananya kami akan menyediakan bilik sterilisasi di LP," katanya. (Samsul Hadi)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Ada Wabah Corona, 14 Napi di LP Blitar Dibebaskan Lebih Cepat,

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved