Virus Corona

Langkah Pemerintah Atasi Corona, Mendag Lakukan Pembebasan Impor hingga 31 Mei 2020

Mendag Agus Suparmanto lakukan pembebasan impor barang sampai 31 Mei 2020 mendatang untuk memenuhi kebutuhan pokok selama penanganan corona (Covid-19)

Fitri Wulandari
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto lakukan pembebasan impor barang sampai 31 Mei 2020 mendatang untuk memenuhi kebutuhan pokok selama penanganan corona (Covid-19) 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyebutkan langkah-langkah pemerintah dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Di antaranya yakni melakukan relaksasi pembebasan impor sejumlah barang yang akan dilakukan sampai 31 Mei 2020 mendatang.

Agus Suparmanto mengatakan, langkah tersebut diambil guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia selama dalam status darurat kesehatan ini.

Selain itu, kebijakan ini juga bertujuan memudahkan pelaku usaha dalam menjual barang pada konsumen dengan harga terjangkau.

"Jadi kita memang mempermudah impor bagi pelaku usaha ini, sehingga kebutuhan konsumen lebih ringan dengan harga terjangkau," kata Agus Suparmanto melansir kanal YouTube Metrotvnews, Rabu (1/4/2020).

Baca: Jaga Kelancaran Arus Barang Impor dan Antisipasi Covid-19, Bea Cukai Buka Penyerahan SKA Via E-mail

Mendag Kabinet Indonesia Maju ini mengatakan, pembebasan impor ini berarti tidak memberlakukan banyak persyaratan bagi para importir.

"Pembebasan impor ini artinya yang dulunya banyak persyaratan sekarang dibebaskan. Ini berlakunya hanya sampai 31 Mei," ujarnya.

Adapun pendistribusian kebutuhan-kebutuhan pokok ini akan menjadi prioritas pemerintah.

Rencananya pos-pos tertentu dibebaskan sehingga proses pendistribusian tidak terhambat, serta untuk mendukung pembatasan interaksi sosial.

Agus Suparmanto menjelaskan, kebijakan-kebijakan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

agus suparmanto
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto
Halaman
123
Penulis: Rica Agustina
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved