Virus Corona

250 Relawan Siap Diterjunkan sebagai Tenaga Perawat di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet

Relawan ini akan membantu menambah kekuatan tenaga medis di rumah sakit yang semakin banyak menampung pasien terkait virus corona atau Covid-19 itu

Ist
relawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 250 orang relawan siap diterjunkan untuk menjadi tenaga perawat di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Relawan ini akan membantu menambah kekuatan tenaga medis di rumah sakit yang semakin banyak menampung pasien terkait virus corona atau Covid-19 itu.

Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Penanggulangan Covid-19 Brigjen TNI M. Saleh menyampaikan bahwa relawan tersebut telah diseleksi oleh pihak Kemenkes untuk disiapkan menjadi tenaga perawat.

Mereka diketahui memiliki beragam latar belakang, antara lain seperti dari TNI, Polri, Poltekes maupun perorangan.

Baca: Cegah Meluasnya Corona, PBNU Imbau Salat Tarawih dan Id di Rumah

"Saat ini mereka sudah berada di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet dan masih dalam proses menerima pembekalan-pembekalan sebelum melaksanakan tugasnya," ujar Saleh, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/4/2020).

Koordinator medis di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet yakni Letkol Ckm Hendik Wicaksono, S.Kep., Ns., M.Kes, juga membenarkan pada relawan tetap menerima pembekalan sebelum terjun langsung menangani pasien di zona merah.

Baca: Najwa Shihab Soroti Driver Ojol Lindungi Pesanan dari Semprotan Disinfektan, Ini Kata Pemesan

"Materi yang diberikan antara lain prosedur pemakaian dan pelepasan APD, cara penggunaan alat rapid test, dan prosedur-prosedur lain yang dianggap perlu," kata dia.

Mereka semua, kata dia, sebelumnya sudah menerima pembekalan dadi PPI Kementerian Kesehatan RI. Pada Jumat (3/4) para relawan juga menerima pembekalan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Pusat dan PPNI DPD Jakarta Pusat.

"Kedatangan kami adalah untuk memberikan motivasi, semangat kepada petugas kesehatan (perawat) dan agar menjaga kesehatan pribadi di dalam menjalankan tugasnya," kata Nana Supriyatna dari PPNI Pusat.

Setelahnya, para relawan akan menerima briefing terakhir. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian tugas secara teknis oleh Kapten Kes Peppy Y Setiawan, S.Kep., baru kemudian bergabung dengan para tenaga medis di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved