Virus Corona

''Semua Orang Bisa Melawan Virus Covid-19 . . . ''

Ada dua poin penting dalam melawan virus Covid-19, yaitu masalah medis dan psikologis.

ist
Kepala BNPB Doni Monardo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Ada dua poin penting dalam melawan virus Covid-19, yaitu masalah medis dan psikologis.

Faktor medis ditangani dokter, tapi faktor psikologis bisa ditangani oleh semua pihak, termasuk di level RW dan RT dan seluruh anggota masyarakat, dengan cara membangkitkan rasa optimis.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo,  dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Laporan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Senin (6/4/2020).

Baca: Pengakuan Driver Ojol Antarkan Penumpang Purwokerto-Solo: Ditipu Rp 700 Ribu hingga Ditegur Warga

Baca: Penting Diketahui, Ini Daftar Vaksinasi untuk Wanita yang Sedang Merencanakan Kehamilan

Baca: Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI, Siap Bantu Anies Baswedan Lawan Corona

"Kalau masalah piskologis bisa kita jaga, maka imunitas bangsa kita akan kuat. Dan dengan imunitas tubuh yang bagus akan membuat masyarakat menjadi lebih kuat menghadapi virus Covid-19 ini," kata Doni.

Sehingga, kata Doni, diperlukan sebuah gerakan yang menciptakan rasa optimis di masyarakat, dalam memerangi pandemi virus corona

Untuk membangkitkan rasa optimis, kata Doni, dirinya telah meminta Presiden Jokowi agar setiap hari pemerintah menyampaikan narasi positif untuk menumbuhkan rasa optimis masyarakat. 

"Ini menjadi prioritas kita, bahkan instrumen ini bisa di tingkat paling rendah, yairu desa, RT, RW, digerakkan semua. Maka kita mampu menurunkan jumlah masyarakat yang terpapar," ujar Doni. 

Doni menyebut, gerakan menumbuhkan rasa optimis sangat penting, karena jika melihat negara maju dengan seluruh fasilitas kesehatan dan dokter nomor satu, tidak mampu mencegah kematian maupun penuluran virus corona

Doni juga mengakui masih rendahnya kesadaran masyarakat menerapkan imbauan physical distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Karena itu, ia berharap pelibatan tokoh masyarakat untuk menegakkan imbauan physical distancing kepada warga. Ia menilai peran dari ketua RT atau RW lebih efektif ketimbang tindakan represif dari aparat keamanan. 

Halaman
1234
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved