Virus Corona

Menlu Ungkap Puluhan Ribu WNI Telah Pulang Ke Tanah Air Sejak MCO Diberlakukan Malaysia

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengungkap peningkatan arus kepulangan warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia

Tribunnews.com/ Laras Dyah Utami
Menteri luar negeri (Menlu), Retno Marsudi menampilkan sejumlah data arus kepulangan WNI sejak diberlakukannya MCO oleh pemerintah Malaysia dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengungkap peningkatan arus kepulangan warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia sejak diberlakukannya kebijakan movement control order (MCO).

Retno Marsudi pun menampilkan sejumlah data arus kepulangan WNI sejak diberlakukannya MCO oleh pemerintah Malaysia dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/4/2020).

Tercatat 40.429 WNI telah kembali ke Indonesia melalui jalur laut dari mulai 18 Maret 2020 hingga 8 April 2020.

Baca: Pulang Dari Malaysia, Warga Magetan Ini Langsung Digiring ke Ruang Isolasi

“Kalau kita lihat dari grafik perlintasan melalui laut, maka pada tanggal 18 Maret memang terjadi peningkatan cukup signifikan yaitu WNI yang pulang dari 4 pelabuhan yaitu pelabuhan Stulang Laut, Putri Harbour, Pasir Gudang, dan Kukup jumlahnya 3330,” ujar Retno Marsudi.

Kementeri luar negeri (kemlu) terus memantau kepulangan para WNI dan didapati pada tanggal 1 hingga 8 April 2020 jumlah tersebut mengalami penurunan.

“Pada 8 April, kepulangan WNI melalui 4 pelabuhan tersebut jumlahnya 489 (orang), melalui 2 pelabuhan di Indonesia, yaitu di Batam dan Tanjung Bale Karimun,” ujar Menlu.

Baca: Terdampak Kebijakan Pemerintah Malaysia Tentang Covid-19, TKI di Negeri Jiran Butuh Bantuan Pangan

Tidak jauh berbeda dengan kepulangan WNI dari Malaysia lewat jalur laut, tren yang sama juga ditujukan kepulangan WNI lewat jalur darat melalui 3 Pos Lintas Batas Negara (PLBN), yaitu PLBN Entikong, Badau, dan Aruk.

“Pada 18 Maret, pergerakan melalui perbatasan darat jumlahnya cukup tinggi dibandingkan rata-rata dalam kondisi normal. Terdapat 601 warga negara kita yang pulang melalui perbatasan darat, setelah itu terjadi penurunan. Dari 1-8 April terjadi penurunan, dan sekarang angkanya berkisar diantara 200,” katanya.

Baca: Pangkogabwilhan I : 37 Ribu Pekerja Migran di Malaysia Sudah Pulang Secara Mandiri ke Indonesia 

Kemlu mencatat, total sekiranya 6.572 WNI telah pulang ke Indonesia sejak tanggal 18 Maret 2020 atau saat diberlakukannya MCO, hingga 8 April 2020.

Para WNI terseut juga diberlakukan protokol kesehatan setibanya mereka dipelabuhan kedatangan dan diberikan health alert card, serta diimbau untk melakukan karantina diri selama 14 hari.

Menlu Retno berujar, pihaknya juga telah melakukan komunikasi intensif baik dengan pemerintah Malaysia, maupun perwakilan RI di Malaysia lewat video conference.

Dia juga berterimakasih kepada pemerintah Malaysia dan pihak-pihak yang turut membantu melancarkan kepulangan para WNI, termaksud para perwakilan RI di Malaysia.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved