Virus Corona

Amerika Serikat Kucurkan Dana Rp 36 Miliar Bantu Indonesia Tangani Pandemi Corona

Amerika Serikat melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) memberikan bantuan dana darurat 2,3 juta dolar AS untuk Indonesia.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Amerika Serikat melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) memberikan bantuan dana darurat 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 36 miliar kepada Indonesia.

Dana tersebut dikucurkan untuk memerangi penyebaran virus corona atau Covid-19 yang dilakukan Kementerian Kesehatan, Kantor Staf Presiden (KSP), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia.

“Selama lebih dari 50 tahun, kami telah bermitra dengan Pemerintah Indonesia melalui USAID dan US. Centers for Disease Control and Prevention untuk permasalahan kesehatan mendesak, termasuk penyakit menular,” ujar Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Amerika Serikat Heather Variava dalam keterangan, Jumat (10/4/2020).

Baca: Update Covid-19 di Banten 10 April 2020: 243 Kasus Positif, Berikut Peta Sebarannya

“Saat Pemerintah Indonesia bergabung dalam perang global melawan pandemi Covid-19, kami berkomitmen untuk memberikan tambahan dana darurat yang akan mendukung upaya pencegahan, deteksi, dan respons yang dilakukan Pemerintah Indonesia," tuturnya lagi.

Pemerintah AS memberikan dana bantuan ini dari dana cadangan darurat USAID untuk penyakit menular melalui lembaga dan program multilateral yang dipimpin oleh mitra pelaksana USAID di masing-masing negara.

Baca: Fakta Unik Lukla Airport, Bandara Paling Berbahaya di Dunia yang Berada di Pegunungan Himalaya

Bantuan untuk Indonesia itu dapat segera digunakan untuk memperkuat kapasitas laboratorium, mempercepat pengujian, dan meningkatkan pelacakan penyakit di tingkat komunitas.

Bantuan ini juga akan menunjang komunikasi risiko, memberikan informasi yang terverifikasi kepada publik, agar semua orang mendapatkan informasi cara melindungi diri sendiri dan orang lain.

Baca: KSP Imbau Warga Tidak Bepergian Kecuali Indonesia Sudah Aman dan Bersih dari Corona

“Indonesia siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan negara-negara lain untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk dengan Pemerintah AS yang mendukung kami menangani pandemi Covid-19,” kata Acep Somantri, Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Republik Indonesia.

Bantuan AS untuk Covid-19 di Indonesia menunjukkan hubungan kerja sama Kemitraan Strategis AS-Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved