Breaking News:

Virus Corona

Waspada Pergeseran Tindak Kriminal, Trend Pencurian Minimarket dan Motor Mulai Meningkat

Meski secara umum tindakan kriminal menurun, namun tindakan kriminal pada kasus tersebut justru meningkat selama pandemi virus corona

Sripoku
Ilustrasi Pencurian 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya menyebutkan adanya pergeseran tindakan kriminal pada masa pandemi virus corona.

Kali ini, pihak kepolisian mengendus adanya trend peningkatan tindakan pencurian dengan pemberatan (Curhat) di minimarket dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Hal tersebut ditegaskan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus.

Meski secara umum tindakan kriminal menurun, namun tindakan kriminal pada kasus tersebut justru meningkat selama pandemi virus corona.

Baca: Yasonna Laoly Bantah Semua Kejahatan yang Terjadi saat Ini karena Ulah Napi Asimilasi Corona

"Memang betul ada pergeseran tersebut. Pada bulan Maret 2020 dibandingkan dengan Maret 2019 yang lalu beberapa memang ada penurunan. Tapi ada sektor yang meningkat misalkan curat dan curanmor. Pencurian di tempat-tempat minimarket ini memang meningkat," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Senin (20/4/2020).

Ia menduga adanya pergeseran tindakan kriminal di tempat umum lantaran banyaknya masyarakat yang mulai banyak berkegiatan di rumah.

Baca: Pemprov DKI: Pemesanan Daging Secara Online Melonjak 800 Persen

Atas dasar itu, mereka memanfaatkan peluang jalan yang mulai sepi untuk melakukan aksi kejahatan.

"Masyarakat saat ini cenderung di rumah saja. Jadi mereka mencari tempat yang kosong dan ditinggal penghuninya khususnya di minimarket," ungkapnya.

Kendati demikian, Yusri memastikan pihak kepolisian tidak akan tinggal diam.

Mereka telah membentuk tim khusus untuk memetakan atau mapping wilayah yang dianggap rawan kejahatan dua tindakan kejahatan tersebut.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved