Breaking News:

Virus Corona

Penjelasan Ketua Tim Lab soal Pemeriksaan Cepat Jadi Kunci Bali Tangani Covid-19

Dengan tes yang cepat mengembangkan real time PCR, Sri mengatakan otomoatis penderita positif bisa cepat terobati

KOMPAS.COM
Ilustrasi - 50 Gambar Ilustrasi Virus Corona, Cocok Sebagai Media Edukasi Bagi Masyarakat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Tim Laboratorium Pemeriksaan Kasus virus corona atau Covid-19 Provinsi Bali Ni Nyoman Sri Budayanti membeberkan bagaimana pemeriksaan sampel secara cepat jadi kunci penanganan Covid-19 di Pulau Dewata.

"Dan itu ternyata sangat membantu teman-teman untuk menyisihkan kasus. Jadi bisa lebih cepat tahu, mana positif dan negatif. Karena kan kita tahu bahwa konsep dari salah satu penanganan Covid-19 itu kan 3t itu: test, treat dan tracking," kata Sri dalam telekonferensi di kantor BNPB, Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Baca: Bamsoet Dorong Pemerintah Berik Beasiswa Pendidikan Spesialis Bagi Dokter Muda

Dengan tes yang cepat mengembangkan real time PCR, Sri mengatakan otomoatis penderita positif bisa cepat terobati.

Kontak orang terdekat pasien pun bisa dilacak.

"Kerja sama dengan Gugus Tugas di Provinsi Bali sangat kompak, sangat baik. Dan itu mungkin membuat kita bisa kolaborasinya sudah bagus, bisa cepat komunikasi," lanjutnya.

Itulah yang kemudian dikatakan Sri bahwa para petugas di laboratorium RS Sanglah mengembangkan real time PCR dalam 24 jam sudah ada hasilnya.

Itulah yang kemudian menjadi bukti tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Bali mencapai 58,67 persen dan tingkat kematian (Case Fatality Rate/CFR) dari seluruh kasus 1,47 persen.

Bahkan, persentase kesembuhan dan CFR di Provinsi Bali jauh di atas tingkat kesembuhan dan kematian akibat Covid-19 secara nasional yang berturut-turut 16,86 persen dan 7,45 persen.

Halaman
1234
Penulis: Reza Deni
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved