Breaking News:

Virus Corona

Jika Vaksin dan Obat  Anti Covid-19 Belum Ditemukan,  Wabah Diprediksi Masih Akan Terus Berlanjut

Pemerintah Harus serius dan bersungguh sungguh menanggulangi Penyebaran Covid-19.

Fresh Daily
Ilustrasi vaksin virus corona. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Harus serius dan bersungguh sungguh menanggulangi Penyebaran Covid-19. 

Pengaruh wabah Covid-19 teramat besar bagi perekonomian nasional. Terlebih wabah Covid -19 ini bukan hanya terjadi di Indonesia dan China, tapi juga di seluruh Dunia. 

Semakin lama dan luas wabah Covid -19 menular, semakin berdampak negative bagi perekonomian nasional,  semakin banyak orang kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian.

“Dampak  yang di depan mata akibat Wabah Covid 19 ini adalah menurunnya penerimaan keuangan negara. Hal ini akan mengganggu agenda pembangunan dan belanja negara serta  belanja  pegawai. Disamping banyaknya perusahaan swasta yang merumahkan karyawannya sehingga menimbulkan angka pengangguran yang tinggi,” papar Pengamat Ekonomi dari Indonesian Development of Economi and Finance (INDEF) Dradjat Wibowo kepada pers, Senin (11/5/2020) di Jakarta.

Karena itu, lanjut Dradjat Wibowo, pemerintah harus membuat stimulus perekonomian yang tepat. 

Sektor industri mana yang masih bagus dan beroperasi serta memberikan penghasilan keuangan dan menyerap tenaga kerja, harus terus dioptimalkan dan dilindungi.

Salah satu industri yang menyerap tenaga kerja yang  banyak dan menggerakan ekonomi sektor ril  dari perkotaan hingga pedesaan adalah industri hasil tembakau. 

Di samping itu, sektor industri ini juga memberikan pemasukan  keuangan bagi negara lewat cukai dan pajak pajak lainnya.

Baca: Ajak Berdonasi untuk Pengembangan Vaksin Covid-19, Fintech Ini Juga Tawarkan Keringanan Cicilan

Baca: Bongkar Masa Lalunya yang Tak Gaul, Maudy Ayunda Gak Sempat Pacaran Saat SMA

Baca: Main Film Remake Miracle In Cell No.7, Mawar De Jongh Siap Jika Dibandingkan dengan Park Shin-Hye

Karena itu, dalam rangka penyelamatan ekonomi, jika pemerintah memberikan bantuan dan perlindungan kepada sektor industri lainnya, maka untuk azas keadilan, industri rokok pun perlu mendapat perlindungan dan perhatian pemerintah pula.

“Saya rasa  industri rokok akan terkena dampak negatif  (dari wabah Covid-19) karena sangat padat karya dan banyak pekerja perempuannya. Jadi  saya rasa untuk fair-nya, kalau indutri lain itu dibantu, industri rokok juga dibantu.  Jangan industi rokok ini dipukulin terus.  kira-kira begitu untuk fairness saja, " ujar Drajad.

Halaman
1234
Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved