Virus Corona

Per Rabu Ini, Kominfo Catat 686 Hoaks Terkait Covid-19

Widodo mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus berhati-hati karena banyaknya informasi yang tersedia.

Penulis: Reza Deni
Twitter.com/BNPB_Indonesia
HOAKS: Tim Medis Penanganan COVID-19 di RSD Wisma Atlet Butuh Kaus Oblong Bekas 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat hari ini hoaks terkait pandemi Covid-19 mencapai 686 hoaks.

Sementara itu, ada 103 produsen informasi bermasalah dengan pidana hukum UU ITE.

Baca: Pengguna Internet Meningkat, Pemerintah Diminta Lindungi Aktivitas Warga di Dunia Maya

"Artinya memang tidak serta merta masyarakat itu  mengonsumsi, ada oknum-oknum yang sengaja membuat informasi itu menjadi gaduh, ini yang saya kira menjadi tantangan komunikasi publik," kata Direktur Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkominfo, Widodo Muktiyo dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (13/5/2020).

Widodo mengatakan di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus berhati-hati karena banyaknya informasi yang tersedia.

Baca: Presiden Jokowi Curiga Ada yang Mainkan Harga Bawang Merah dan Gula Pasir

"Karena kalau saya lihat sekarang ini sudah menjadi tsunami informasi, kebanyakan informasi juga gak baik buat masyarakat, makin bingung ini yang betul yang mana," lanjutnya.

Dirinya lebih lanjut mengatakan tantangan juga hadit bagi pemerintah di bidang komunikasi saat pandemi, karena isu yang semakin berkembang.

"Persoalan bansosnya harus kita deliver di lapangan dari mana, dan itu tugas kita harus menjelaskan kepada publik. Jadi ini yang saya kira menjadi dinamika komunikasi publik di tengah isunya sampai pada sosial, ekonomi, ini menjadi tantangan kita," pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved