Breaking News:

Virus Corona

Bamsoet Berikan Bantuan Sembako kepada Sopir Angkot Pasar Tanah Abang

"Kawasan pasar Tanah Abang merupakan oase mata pencaharian bagi berbagai kelompok masyarakat," kata Bamsoet

Istimewa
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menyerahkan bantuan sembako di halaman kantor Walikota Jakarta Pusat, di Jakarta, Kamis (14/5/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS) kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada para sopir angkot.

Bantuan kali ini diberikan kepada kalangan sopir angkot dan komunitas mobil nasional sarana transportasi ekonomi rakyat (Monster) yang beroperasi di kawasan pasar Tanah Abang, Jakarta.

Baca: Antisipasi Mudik, Ganjar Pranowo Usul agar Jalur Tikus Disekat

"Kawasan pasar Tanah Abang merupakan oase mata pencaharian bagi berbagai kelompok masyarakat, termasuk bagi para sopir angkot. Biasanya di saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri, aktivitas ekonomi dan perdagangan di sini sangat bergairah, padatnya pengunjung membuat sopir angkot turut kebagian berkah. Namun semuanya kini terhenti sejenak akibat pandemi virus corona atau Covid-19," ujar Bamsoet saat menyerahkan bantuan di halaman kantor Walikota Jakarta Pusat, di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Bamsoet menjelaskan, pasar Tanah Abang yang berdiri sejak Agustus 1735 dan kini akan memasuki usia ke-285 tahun, tetap eksis menjadi pusat grosir tekstil terbesar se-Asia Tenggara.

Memiliki dua puluh ribuan kios yang tersebar di berbagai blok, seribu lebih lapak pedagang kaki lima, dengan rata-rata jumlah pengunjung harian mencapai ratusan ribu orang, perputaran uang di pasar Tanah Abang mencapai ratusan miliar per hari, triliunan per tahun.

"Jika para pedagang masih bisa bertahan hidup karena keuntungan usahanya selama ini bisa ditabung, tak demikian dengan para sopir angkot yang rata-rata mengandalkan pendapatan harian dengan jumlah pas-pasan. Keuntungan hari ini, dipakai untuk biaya hidup esok hari, dan hanya sedikit sekali yang bisa ditabung," ucap Bamsoet.

Bamsoet berharap sedikit uluran tangan yang diberikan, setidaknya bisa menjadi pengganti sepinya tarikan penumpang.

Baca: Cegah Sebaran Covid-19, Tribunnews dan Cardinal Donasikan Masker ke Polres Jakarta Utara

Sekaligus menjadi pendorong semangat bagi para sopir angkot agar tak menyerah dan putus asa menghadapi pandemi Covid-19.

"Covid-19 memang telah menghentikan aktivitas sosial hingga ekonomi. Namun tidak akan mematikan tekad dan semangat gotong royong bangsa Indonesia," pungkas Bamsoet.

Penulis: chaerul umam
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved